2023 TA PP ADIB IRA MARATI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Desain interior hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia akan tempat
tinggal dan perlindungan, mempengaruhi bentuk aktivitas dan memenuhi aspirasi
serta mengekspresikan ide-ide yang menyertai tindakan. Dalam membantu
mengoptimalkan pembelajaran siswa, lingkungan fisik haruslah mendukung,
dalam hal ini adalah ruang kelas, tempat berlangsungnya kegiatan belajar. Ruang
kelas yang baik dapat memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran,
lingkungan yang menarik akan merangsang minat siswa untuk belajar, termasuk
kegiatan membaca. Namun, hingga saat ini minat baca masih menjadi masalah di
dunia. Kesadaran akan minat baca tentunya perlu ada sejak usia dini atau usia di
sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi
ruang kelas dan pengaruh elemen interior ruang kelas terhadap minat baca siswa
sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif
melalui observasi non partisipatif dengan instrumen penelitian per-30 menit dan
wawancara kepada guru pengajar dan siswa pada usia dini yaitu kelas 1 dan 2,
dengan dua variabel yang diteliti yaitu elemen interior dan minat baca. Hasil dari
penelitian ini akan memberikan gambaran mengenai pengaruh interior ruang kelas
sekolah dasar terhadap minat baca siswa.