digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP ADIB IRA MARATI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Desain interior hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia akan tempat tinggal dan perlindungan, mempengaruhi bentuk aktivitas dan memenuhi aspirasi serta mengekspresikan ide-ide yang menyertai tindakan. Dalam membantu mengoptimalkan pembelajaran siswa, lingkungan fisik haruslah mendukung, dalam hal ini adalah ruang kelas, tempat berlangsungnya kegiatan belajar. Ruang kelas yang baik dapat memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran, lingkungan yang menarik akan merangsang minat siswa untuk belajar, termasuk kegiatan membaca. Namun, hingga saat ini minat baca masih menjadi masalah di dunia. Kesadaran akan minat baca tentunya perlu ada sejak usia dini atau usia di sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ruang kelas dan pengaruh elemen interior ruang kelas terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif melalui observasi non partisipatif dengan instrumen penelitian per-30 menit dan wawancara kepada guru pengajar dan siswa pada usia dini yaitu kelas 1 dan 2, dengan dua variabel yang diteliti yaitu elemen interior dan minat baca. Hasil dari penelitian ini akan memberikan gambaran mengenai pengaruh interior ruang kelas sekolah dasar terhadap minat baca siswa.