digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP SARAH PUTRI AULIYA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Burnout merupakan keadaan di mana individu mengalami kelelahan fisik, mental, dan emosional yang terjadi karena stress dari beban kerja yang terlalu berat, yang mana bila tidak disadari dapat berujung pada tahap depresi. Mahasiswa kerap kali mengalami kondisi burnout ini secara sadar maupun tidak sadar. Diperlukan sebuah media untuk menyampaikan informasi secara interaktif mengenai burnout yang berkaitan dengan kondisi mahasiswa. Salah satu media penyampaian informasi tersebut adalah dalam bentuk visual novel game, yang merupakan jenis game dalam format storytelling. Visual novel game sendiri memiliki tiga elemen yaitu karakter visual, narasi visual, dan gaya visual. Gaya visual yang digunakan dalam perancangan penelitian ini adalah bertemakan horor psikologis, dengan format visual novel game klasik yang menggunakan text box pada bagian bawah, karakter pada bagian tengah, dan latar belakang yang biasanya menunjukkan tempat. Narasi visual yang dirancang adalah menceritakan seorang tokoh utama, yaitu mahasiswa yang sedang berjuang menyeimbangkan kegiatan kuliah dan pekerjaannya, karena banyaknya beban yang dipikul, tokoh utama kemudian terkena burnout. Tujuan dari perancangan ini adalah menyadarkan pentingnya fenomena burnout yang terjadi di kalangan mahasiswa. Penggunaan visual novel game sebagai media ini memiliki potensi sebagai media informasi mengenai burnout yang efektif dan dapat dinikmati oleh kalangan mahasiswa karena interaksi yang dilakukan oleh pemain terhadap game dapat memunculkan empati terhadap kejadian yang dialami tokoh utama.