Selama lima tahun terakhir, pasar apartemen di Indonesia mengalami penurunan, yang terbukti dari penurunan penjualan, stagnasi tingkat pemesanan, stagnasi harga apartemen, dan jumlah proyek apartemen baru yang terbatas. Apartemen Southgate (sebuah kompleks superblock yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan berlokasi di Tanjung Barat, Jakarta Selatan) juga mengalami tren yang serupa. Tugas akhir ini dimaksudkan untuk mengusulkan sebuah formulasi strategi penjualan dan pemasaran di Apartemen Southgate, dengan tujuan merevitalisasi dan mengembangkan upaya promosi untuk mencapai target penjualan yang diharapkan.
Tahap awal tugas akhir ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi, melakukan penelitian, dan melakukan analisa internal dan eksternal menggunakan berbagai alat seperti PESTEL, STP, Marketing Mix – 4P, dan 3C untuk menganalisis semua informasi yang terkumpul secara menyeluruh. Hasil dari analisa ini akan digabungkan untuk membentuk SWOT. Sebagai bagian dari solusi bisnis, penulis akan menggunakan matriks TOWS sebagai alat untuk membuat alternatif strategi bisnis, yang memungkinkan organisasi untuk menemukan area yang perlu ditingkatkan, memanfaatkan peluang yang ada, dan mengurangi ancaman yang mungkin terjadi.
Tugas akhir ini diakhiri dengan menyajikan sembilan inisiatif strategis, dengan tiga di antaranya diprioritaskan sebagai inisiatif taktis yang dapat dilaksanakan dalam waktu dua bulan sejak periode awal impelementasi. Ketiga prioritas inisiatif yang dimaksud adalah penyesuaian komunikasi yang mengedepankan USP dan pesan emosional untuk setiap segmen konsumen, merekrut tim promosi yang baru dengan kemampuan pemasaran digital, dan membuat promosi khusus untuk unit studio yang merupakan unit dengan stok terbanyak. Penulis berharap bahwa formulasi bisnis ini dapat membantu Apartemen Southgate mencapai target penjualan pada akhir tahun 2023.