digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

PUSTAKA Tarisha Krishna Anindya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

LAMPIRAN Tarisha Krishna A
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

Kota Bogor merupakan salah satu kota penyangga (hinterland) wilayah DKI Jakarta yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Kepadatan penduduk yang tinggi mendorong pergerakan serta mobilitas penduduk sehingga dibutuhkan sistem transportasi yang baik dengan sarana dan prasarana yang mendukung, dimana Terminal adalah salah satunya. Terminal Baranangsiang tergolong ke dalam terminal penumpang tipe A dan menjadi terminal induk terbesar yang ada di Kota Bogor. Namun disisi lain, Terminal Baranangsiang masih memiliki kelemahan dari segi penyediaan fasilitas dan pelayanan sehingga mampu mempengaruhi tingkat kepuasan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian pelayanan Terminal Baranangsiang berdasarkan standar pelayanan penyelenggaraan terminal dan kepuasan penumpang. Metode Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer meliputi kegiatan pengamatan langsung atau observasi dan penyampaian kuesioner secara langsung kepada responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif terhadap kesesuaian pelayanan dan analisis tingkat kepuasan penumpang. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat 22 dari 41 indikator pelayanan Terminal Baranangsiang yang belum cukup memenuhi ukuran minimal atau standar pelayanan penyelenggaraan sebuah terminal menurut Permen Perhubungan No.40 Tahun 2015. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat kepuasan diketahui besar persentase tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Terminal Baranangsiang adalah sebesar 62.05% atau cukup puas dengan rentang kepercayaan sebesar (58%-65.57%). Terdapat pelayanan yang dinilai menjadi prioritas utama untuk perbaiki yaitu ketersediaan toilet dengan kondisi bersih, Ketersediaan fasilitas peribadatan/mushola, ketersediaan ruang khusus bagi ibu menyusui, ketersediaan fasilitas bagi penyandang cacat (disabilitas), dan ketersediaan fasilitas dan petugas kesehatan di area terminal.