13519082 Jeanne D'Arc Amara Hanieka.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang sangat penting dalam
dunia pendidikan karena mampu mengelola data siswa dan sekolah secara efektif.
Saat ini, salah satu cara yang umum digunakan untuk mengelola data tersebut
adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak sistem informasi akademik. Namun,
terdapat beberapa sistem informasi akademik yang ditemukan dan dikaji pada
penelitian ini yang masih kurang memperhatikan pengalaman pengguna dalam
perancangan interaksi dan antarmuka perangkat lunaknya, seperti yang ditemukan
pada aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka dan sistem informasi akademik milik
vendor lainnya. Dalam penelitian ini, dirancang sebuah desain interaksi yang
mampu memperhatikan pengalaman pengguna sehingga dapat meningkatkan
efektivitas, motivasi dan pengalaman pengguna. Pengembangan desain interaksi
dilakukan dengan metode user-centered design. Masalah dan kebutuhan pengguna
didapatkan melalui proses wawancara dan observasi. Hasil dari desain interaksi ini
dibuat dalam 2 prototipe, yaitu prototipe low-fidelity dan halaman frontend statis
berdasarkan 3 usability goals (efficient to use, easy to learn, dan easy to remember
how to use) serta 3 user experience goals (helpful, enjoyable, dan motivating).
Evaluasi dilakukan menggunakan nilai system usability scale (SUS), single ease
question (SEQ), basic psychological need satisfaction for technology use (BPN-
TU), dan technology acceptance model (TAM). Pengujian yang dilakukan hingga
iterasi kedua ini menunjukkan bahwa prototipe desain interaksi yang dibangun
dapat memenuhi usability goals dan user experience goals yang telah ditetapkan
dengan nilai SUS 100%, rata-rata SEQ sebesar 6,98 dari skala 7, rata-rata BPN-TU
5 dari skala 5, dan seluruh nilai TAM yang melebihi nilai TAM sistem pendahulu.