digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

13519082 Jeanne D'Arc Amara Hanieka.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena mampu mengelola data siswa dan sekolah secara efektif. Saat ini, salah satu cara yang umum digunakan untuk mengelola data tersebut adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak sistem informasi akademik. Namun, terdapat beberapa sistem informasi akademik yang ditemukan dan dikaji pada penelitian ini yang masih kurang memperhatikan pengalaman pengguna dalam perancangan interaksi dan antarmuka perangkat lunaknya, seperti yang ditemukan pada aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka dan sistem informasi akademik milik vendor lainnya. Dalam penelitian ini, dirancang sebuah desain interaksi yang mampu memperhatikan pengalaman pengguna sehingga dapat meningkatkan efektivitas, motivasi dan pengalaman pengguna. Pengembangan desain interaksi dilakukan dengan metode user-centered design. Masalah dan kebutuhan pengguna didapatkan melalui proses wawancara dan observasi. Hasil dari desain interaksi ini dibuat dalam 2 prototipe, yaitu prototipe low-fidelity dan halaman frontend statis berdasarkan 3 usability goals (efficient to use, easy to learn, dan easy to remember how to use) serta 3 user experience goals (helpful, enjoyable, dan motivating). Evaluasi dilakukan menggunakan nilai system usability scale (SUS), single ease question (SEQ), basic psychological need satisfaction for technology use (BPN- TU), dan technology acceptance model (TAM). Pengujian yang dilakukan hingga iterasi kedua ini menunjukkan bahwa prototipe desain interaksi yang dibangun dapat memenuhi usability goals dan user experience goals yang telah ditetapkan dengan nilai SUS 100%, rata-rata SEQ sebesar 6,98 dari skala 7, rata-rata BPN-TU 5 dari skala 5, dan seluruh nilai TAM yang melebihi nilai TAM sistem pendahulu.