digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Annisa Ryanto Cakra Wardhani
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - ANNISA RYANTO CAKRA WARDHANI
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Permintaan atas layanan kesehatan yang efisien semakin meningkat guna memaksimalkan penanganan kesehatan di tengah banyak keterbatasan, terutama sejak saat pandemi COVID-19. Telemedisin adalah aplikasi kesehatan yang memungkinkan penggunanya berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka atau secara jarak jauh dalam rangka memberikan konsultasi diagnostik dan tata laksana perawatan pasien. Semakin berkembangnya aplikasi telemedisin seperti Halodoc, bukan lagi dianggap sebagai pesaing dokter konvensional melainkan membantu memaksimalkan penanganan kesehatan di tengah keterbatasan. Meskipun aplikasi telemedisin telah berkembang pesat, masih terdapat kecenderungan pengguna yang telah mengunduh aplikasi mobile health ini akan meng-uninstall dan berhenti menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berkontribusi pada loyalitas pengguna Halodoc berdasarkan kualitas pelayanan dan informasi mitra dokter. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sebanyak 198 responden yang pernah menggunakan Halodoc diambil sebagai sampel. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dan dengan alat bantu SmartPLS.3. Hasilnya, kualitas pelayanan dokter dipengaruhi oleh aspek komunikasi dan kompetensi, sedangkan kualitas informasi dokter dipengaruhi oleh aspek relevansi, akurasi, kecukupan informasi dan, ketepatan waktu. Adapun hasil hipotesis yang tidak terbukti atau ditolak antara lain, kualitas pelayanan dokter terhadap kepuasan dan kualitas informasi dokter terhadap kepercayaan.