digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Kurnia Handoko
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Materi regresi linear sederhana saat ini sudah diajarkan di tingkat SMA, khususnya sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka. Seharusnya materi regresi linear bukan sesuatu yang baru bagi guru karena sudah diperoleh pada saat menempuh pendidikan di Strata Satu. Berdasarkan survei awal terhadap 26 guru, diperoleh bahwa 43 persen Guru matematika SMA cenderung tidak mengetahui materi regresi linear. Hal ini mendorong dilakukannya analisis konsep regresi darab serta melakukan pengembangan modul panduan mengajar materi regresi linear tingkat SMA. Tujuan dari proyek ini memberikan paparan analisis konsep regresi linear darab, mengembangkan modul panduan mengajar materi regresi linear dan melihat seberapa efektif penggunaan materi modul. Modul yang dibuat tidak hanya regresi linear sederhana tetapi juga regresi linear darab dengan ???? prediktor dan satu respons. Pengembangan modul ini menggunakan model ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji-t berpasangan, dan ?????????????????????. Hasil yang diperoleh dari analisis konsep regresi linear darab yaitu materi sejarah regresi, regresi linear sederhana, regresi linear darab, regresi linear dalam representasi matriks, pemetaan materi prasyarat yang dibutuhkan untuk belajar regresi linear, serta pengembangan modul panduan mengajar regresi linear tingkat SMA dengan model ADDIE yang layak untuk digunakan guru dan dikategorikan cukup efektif sebesar 56 persen.