digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP NATALICA ATHANA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Periode pasca kehamilan merupakan situasi krisis bagi ibu, pasangan, dan keluarga akibat proses adaptasi yang terjadi. Terdapat fenomena menarik pada periode pasca melahirkan ini, yaitu sebagian ibu akan merasakan kondisi dengan perasaan sedih dan cemas berlebihan dengan jangka waktu tertentu. Kondisi tersebut dinamakan dengan baby blues syndrome. Baby blues syndrome merupakan kondisi yang bisa dikatakan wajar, akan tetapi jika tidak ditangani dengan baik dan benar akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikis ibu serta bayinya. Selain itu, belum ada konsep dan rancangan yang cocok dengan fenomena ini. Maka, perancangan kampanye sosial diterapkan untuk menghasilkan strategi, konsep dan rancangan kampanye sosial untuk ibu muda, pasangan dan calon ibu terhadap fenomena baby blues syndrome. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, yang terdiri dari pengumpulan data berupa studi pustaka, wawancara, kuisioner dan pada perancangan media kampanye menggunakan model AISAS. Hasil perancangan berupa konsep kampanye sosial dengan menggunakan strategi komunikasi yang melibatkan partisipasi target audiens untuk memberikan perspektif mereka. Melalui cerita yang dikumpulkan dari media instagram story, konten kampanye ini disusun. Konten kampanye memiliki konsep visualisasi yang terdiri dari ilustrasi vector art, warna yg vibrant dan colorful, memiliki simbol gelombang sebagai identitas kampanye dan komposisi teks dengan tulisan hampir sama.