2022 TA PP PUTU ALFERAN PUTRA 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Permasalahan bau badan merupakan sebuah permasalahan yang dapat diderita
oleh setiap orang. Terutama bagi kelompok usia dewasa muda yang dalam proses
biologisnya memiliki kecendrungan lebih tinggi untuk dapat bau badan dibanding
kelompok usia lain, ditambah dengan kondisi iklim tropis yang lembab dan panas,
kebiasaan, kebersihan pribadi, serta kepadatan kota di Indonesia, membuat bau badan
menjadi rawan terjadi. Bau badan yang berfokus utama pada ketiak atau daerah axila
memiliki banyak peran terkait dengan kehidupan sosial seseorang, dan memiliki kaitan
erat terhadap kebersihan dan kepedulian seseorang terhadap dirinya sendiri, juga
terhadap orang lain. Namun, beberapa orang masih belum menyadari hal ini dan banyak
lagi orang yang dengan sengaja tidak memberi kesadaran terkait permasalahan. Social
Odor Awareness adalah kemampuan meta kognitif manusia untuk dapat menyadari atau
mengenali baunya sendiri maupun orang lain yang dapat diasah dan dikenali. Dengan
adanya kesadaran akan bau sosial ini, dan didorong dengan komunikasi yang asertif akan
dapat menyadarkan target bahwa bau badan merupakan permasalahan individu dan
bersama sehingga perlu adanya kesadaran diri bahwa semua orang dapat menjadi bau.
Kampanye yang bertindak sebagai societal campaign, bagian dari salah satu Corporate
Social Responsibility (CSR) yang pada penelitian ini telah difokuskan pada Rexona
Indonesia untuk dapat memberikan kesadaran terkait permasalahan dan dapat
membantu perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.