digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP PUTU ALFERAN PUTRA 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Permasalahan bau badan merupakan sebuah permasalahan yang dapat diderita oleh setiap orang. Terutama bagi kelompok usia dewasa muda yang dalam proses biologisnya memiliki kecendrungan lebih tinggi untuk dapat bau badan dibanding kelompok usia lain, ditambah dengan kondisi iklim tropis yang lembab dan panas, kebiasaan, kebersihan pribadi, serta kepadatan kota di Indonesia, membuat bau badan menjadi rawan terjadi. Bau badan yang berfokus utama pada ketiak atau daerah axila memiliki banyak peran terkait dengan kehidupan sosial seseorang, dan memiliki kaitan erat terhadap kebersihan dan kepedulian seseorang terhadap dirinya sendiri, juga terhadap orang lain. Namun, beberapa orang masih belum menyadari hal ini dan banyak lagi orang yang dengan sengaja tidak memberi kesadaran terkait permasalahan. Social Odor Awareness adalah kemampuan meta kognitif manusia untuk dapat menyadari atau mengenali baunya sendiri maupun orang lain yang dapat diasah dan dikenali. Dengan adanya kesadaran akan bau sosial ini, dan didorong dengan komunikasi yang asertif akan dapat menyadarkan target bahwa bau badan merupakan permasalahan individu dan bersama sehingga perlu adanya kesadaran diri bahwa semua orang dapat menjadi bau. Kampanye yang bertindak sebagai societal campaign, bagian dari salah satu Corporate Social Responsibility (CSR) yang pada penelitian ini telah difokuskan pada Rexona Indonesia untuk dapat memberikan kesadaran terkait permasalahan dan dapat membantu perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.