digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP RATU MAURA ASYA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Cosplay merupakan sebuah aktivitas yang melibatkan kegiatan memakai kostum dan bermain peran untuk merepresentasikan sebuah karakter yang berasal dari karya fiksi. Cosplay sebagai budaya populer Jepang yang mendunia telah berkembang dengan pesat di Indonesia dan memiliki jumlah komunitas yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Acara yang melibatkan kegiatan cosplay di Indonesia biasanya mempunyai ajang kompetisi cosplay berbentuk stage performance tingkat daerah hingga nasional, salah satunya adalah Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP), yang merupakan ajang perlombaan cosplay bergengsi tingkat Nasional di Indonesia yang diselenggarakan pertahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adaptasi perwujudan karakter fiksi Jepang menjadi karya fisik oleh cosplayer Indonesia yang berpartisipasi dalam perlombaan ICGP pada periode waktu 2017-2019 yang berfokus pada perancangan kostum para peserta dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip desain. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kostum yang dirancang oleh cosplayer Indonesia untuk perlombaan ICGP mengalami adaptasi dalam bentuk, bahan, teknik, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat penerapan prinsip-prinsip desain di setiap kostum cosplay milik peserta.