Holding BUMN Farmasi meningkatkan daya saing di industri farmasi dan kesehatan. Mengintegrasikan kekuatan dan fokus Holding BUMN Farmasi secara digital dapat membentuk ekosistem bisnis kesehatan secara end-to-end. Holding industri farmasi harus mendorong pengembangan dan distribusi obat. Holding BUMN Farmasi akan mendukung Indonesia dalam membangun fondasi holding kesehatan. Membangun ekosistem bisnis kesehatan digital merupakan hal yang kompleks karena beragamnya struktur organisasi anggota Holding BUMN Farmasi. Meskipun perusahaan Holding BUMN Farmasi berbagi portofolio produk, rantai nilainya berbeda. Sehingga masih terdapat ketidakpastian dalam integrasi ekosistem Bio Farma, Indofarma, dan Kimia Farma.
Sebelum pembentukan Holding BUMN Farmasi, masing-masing perusahaan sudah memiliki platform digital. Platform digital ini terlibat dalam aktivitas operasional dan komersial yang serupa, tetapi menggunakan produk platform yang berbeda, akibatnya, mereka tidak dapat diintegrasikan dengan mudah. Pengelolaan dan analisis data masih terpisah di tingkat anak perusahaan dan belum tergabung dalam ekosistem Holding BUMN Farmasi. Kemampuan dan inovasi dukungan ekosistem perawatan kesehatan masih terbatas karena kurangnya pengoptimalan dalam investasi teknologi pemasaran. Terlepas dari keunggulan saluran pemasaran tradisional (seperti rumah sakit dan grosir), Holding BUMN Farmasi masih belum hadir di saluran pemasaran modern. Meskipun Holding BUMN Farmasi memiliki rantai nilai dan portofolio produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, banyak lini produk yang tumpang tindih. Akibatnya, alih-alih menumbuhkan sinergi, kondisi ini memaksa perusahaan dengan lini produk yang sebanding untuk bersaing di pasar yang sama. Karena kurangnya skema kolaborasi dan kapasitas pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, sistem manajemen kolaboratif yang terkait dengan rantai nilai fasilitas kesehatan belum dikembangkan. Semua lini organisasi menuntut perbaikan di bidang organisasi, talenta digital, proses bisnis, dan manajemen biaya. Terutama dalam hal harmonisasi proses dan integrasi sepanjang rantai nilai.
Berangkat dari analisis yang komprehensif terhadap situasi bisnis saat ini, Holding BUMN Farmasi harus melakukan serangkaian inisiatif strategis untuk membangun bisnis ekosistem layanan kesehatan digital yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Inisiatif strategis dimaksud dimaksudkan untuk dilaksanakan dalam waktu dekat hingga menengah, dengan harapan menghasilkan hasil yang menguntungkan mengingat keadaan saat ini. Untuk berhasil mengimplementasikan ekosistem yang diusulkan, sangat penting untuk melakukan transisi dari model bisnis yang ada ke model bisnis ekosistem layanan kesehatan digital. Dengan demikian, Holding BUMN Farmasi dapat secara efektif dan efisien mengimplementasikan bisnis kesehatan digital untuk mencapai keunggulan kompetitif yang diharapkan.