digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pesatnya perkembangan internet telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap perkembangan dari dunia e-commerce. Saat ini, e-commerce tidak hanya berpusat di kota-kota besar tetapi juga telah menjangkau di berbagai daerah Indonesia termasuk salah satunya di Kota Ternate, Maluku Utara. Ternate merupakan salah satu kota yang ada di daerah timur Indonesia, kota ini dikenal dengan kota transit, modern, dan tinggi akan populasi dari generasi mudanya. Rata-rata penduduk di Kota Ternate didominasi oleh angkatan muda (Generasi Z). Generasi Z dikenal juga dengan generasi yang up-to-date dan gemar berbelanja. Generasi Z yang ada di Kota Ternate suka berbelanja melalui platform online (E-commerce). Meskipun mereka suka berbelanja, pada faktanya mereka sering mengalami permasalahan pada saat akan atau setelah melakukan pembelian. Untuk mengisi celah ini, peneliti ingin melakukan penelitian terkait dengan faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen di Kota Ternate tetap melakukan pembelian kembali pada platform e-commerce terlepas dari problem yang dialami. Penelitian ini bertujuan sebagai bahan referensi, masukan bagi pihak pemberi jasa layanan e-commerce untuk selalu memperhatikan kualitas dari pelayanannya dengan berfokus pada indikator yang menjadi penilaian dari konsumen daerah dalam melakukan pembelian pada e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 233 respondent diolah dengan analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Kuesioner dikumpulkan hanya berfokus di Kota Ternate. Terdapat 7 variabel independen yang akan diuji yakni customer satisfaction (CS), service quality (SQ), brand preference (BP), product quality (PQ), perceived value (PV), price (PR), dan perceived ease of use (PEU) yang akan tertuju pada 1 variabel dependen repurchase intention (RI). Proses analisis dan penghitungan menunjukkan bahwa hasil dari semua indikator berpengaruh positif (signifikan) terhadap niat pembelian kembali konsumen pada e-commerce.