digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Azizurrahman
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Perkembangan dunia digital telah memberi pengaruh di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya ialah pengaruh dalam kehidupan jual beli yang ditandai dengan munculnya electronic commerce (e-Commerce). Di Indonesia sendiri sangat banyak e-Commerce yang berkembang. Berbagai strategi dilakukan oleh setiap e-Commerce untuk mendapatkan pengguna sebanyak mungkin, salah satu strategi yang paling banyak digunakan ialah memasang iklan di media sosial. Tugas Akhir ini akan membahas pengaruh iklan yang digunakan oleh e-Commerce di instagram terhadap penggunanya. Pengaruh ini dimodelkan dengan rujukan model Suspectible, Infectible, Recovered (SIR). Pada Tugas Akhir ini dicari titik kesetimbangan dari model yang dibuat dan dianalisa kestabilannnya. Kemudian dilakukan simulasi numerik dengan menggunakan program MATLAB untuk mencari nilai parameter yang optimal terhadap model dengan perbandingan Sum of Squares Error (SSE) terhadap data asli.