2023 SK PP Nadiefa Hasna Shabiya [19018196] - Abstract.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Bisnis di berbagai industri, terutama sektor skincare di Indonesia, telah menggunakan brand ambassador secara luas. Brand ambassador membantu perusahaan dalam menyebarkan kesadaran konsumen, membangun reputasi merek, dan berpotensi mempengaruhi pilihan konsumen terhadap pembelian mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, public figure Korea menjadi brand ambassador yang digunakan oleh perusahaan skincare Indonesia. Karena popularitas produk skincare Korea yang mutakhir dan kreatif, yang telah mengangkat masyarakat Korea menjadi ikon budaya berkat kulit mereka yang sempurna, Korean wave yang sudah lama populer di Indonesia telah memberikan peluang pemasaran untuk bisnis Indonesia, terutama merek skincare. Namun, ada perdebatan terkait kurangnya kesesuaian memiliki brand ambassador Korea untuk merek skincare Indonesia yang mana masyarakat Indonesia sebagai konsumennya karena perbedaan standar kecantikan masing-masing. Meskipun konsumen menyadari bahwa strategi pemasaran ini menguntungkan karena perkembangan Korean wave yang sangat pesat, tetapi juga kecewa dengan kurangnya relevansi akan hal tersebut. Oleh karena itu, studi ini meneliti Korean wave dan karakteristik brand ambassador; trustworthiness, attractiveness, visibility, power, dan match-up pada subjek ini untuk menentukan pengaruh brand ambassador Korea terhadap niat pembelian merek skincare Indonesia. Studi ini dilakukan secara kuantitatif dengan 209 responden yang menjadi target utama perusahaan skincare Indonesia, dan hasilnya dikalkulasikan menggunakan PLS-SEM. Temuan menunjukkan bahwa Korean wave memiliki dampak substansial pada niat membeli sedangkan sebaliknya brand ambassadortidak memiliki dampak yang berarti. Selain itu, hanya attractiveness dan power yang memiliki dampak substansial pada citra merek dan hanya trustworthiness dan power memiliki dampak signifikan pada kesadaran merek, sedangkan Korean wave memiliki dampak besar pada citra merek dan kesadaran merek. Hasil penelitian ini dapat membantu perusahaan-perusahaan skincare Indonesia membangun dan mengoptimalkan strategi brand ambassador mereka.