digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mengoleksi merupakan perilaku ekonomi yang menarik dan kompleks yang berada di antara investasi dan konsumsi. Meskipun banyak jumlahnya, kolektor masih relatif kurang dipelajari, terutama dalam konteks Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi karakteristik kolektor Indonesia menggunakan pendekatan metode campuran. Secara khusus, kami bertujuan untuk menyelidiki lima faktor kepribadian utama (Big Five) serta faktor-faktor penting lainnya yang mendefinisikan kolektor di Indonesia. Metodologi kami melibatkan wawancara sampel unik dengan kolektor Indonesia dari beragam demografi, serta survei untuk menguji validitas hasil. Kami melakukan Analisis Rata-rata, Analisis ANOVA, dan Analisis Korelasi untuk menganalisis profil kepribadian Big Five kolektor. Penelitian ini menemukan bahwa kolektor Indonesia mendapatkan skor yang tinggi pada empat faktor dari lima faktor Big Five. Sebagai hasil yang nyata, penelitian ini menyarankan bisnis koleksi untuk lebih fokus pada memproduksi barang yang dapat menyesuaikan dengan koleksi kolektor daripada memproduksi barang terbatas.