digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah populasi penduduk muslim terbanyak didunia. Selain itu, Indonesia juga sebagai negara peringkat kedua permintaan mie instan dari 15 negara didunia. Penelitian ini bertujuan unutk menguji hubungan antara factorfaktor yang mempengaruhi niat beli produk halal, kasus konsumsi mie instan pada mahasiswa muslim di Bandung. Tiga faktot yang dianggap mempengaruhi yang telah di uji adalah kesadaran pemahaman Halal, sertifikasi halal dan persepri individu dan sosial. Data dikumpulkan melalui online survey dnegan jumlah responden valid yaitu 108. Teknik sample yang digunakan adalah teknink purposive sample. Responden harus mahasiswa muslim di Bandung dengan rentan umur 18-23 tahun dan pernah mengkonsumsi mie instan. Analisis Regresi Linier diterapkan untuk menentukan keterkaitan variable-variable yang berbeda terhadap niat pembelian. Sebagai prasyarat untuk menggunakan analisis tersebut, data yang telah berhasil dikumpulkan diuji menggunakan Uji Asumsi Klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara dua variable bebas (Sertifikasi Halal dan persepsi individu & sosial) terhadap variabel (niat beli terhadap produk Halal). Dalam penelitian ini, Kesadaran pemahaman Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli terhadap produk Halal.