digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis ritel mengalami perubahan yang cepat dalam satu dasawarsa terakhir dikarenakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pasar online yang bertumbuh. Umumnya, pembeli telah menanggapi hal ini dengan sikap positif yang menjadikan ritel online dapat bertumbuh besar. Multichannel pun dilihat sebagai masa depan ritel saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari apa faktor multichannel retailing yang memengaruhi minat beli pembeli terhadap produk tekstil furnitur rumahan serta bagaimana faktor multichannel retailing memengaruhi keputusan pembeli dalam pemilihan ritel untuk membeli produk tekstil furnitur rumahan. Pendalaman dilakukan dalam cakupan berupa tingkat kepercayaan 95%, serta tingkat presisi 7%, berfokus pada tekstil furnitur rumahan, serta responden yang disasar adalah warga Indonesia, umur 21-60 tahun, dan bertempat tinggal di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Jumlah responden yang dibutuhkan dan dikumpulkan untuk memenuhi persyaratan tersebut sebanyak 204 jiwa, diadakan pada 9 – 12 Mei 2018. Data yang terkumpul melalui angket dibagi dalam lima bagian: riwayat kependudukan, riwayat perilaku pembelian, indikator multichannel retail, indikator minat beli dan smart multi attribute rating technique (SMART). Pertanyaan mengenai indikator multichannel retail, minat beli dan SMART dinilai dengan skala Likert (1 – 5). Pernalaran data menunjukkan bahwa faktor multichannel retailing seperti kualitas, waktu, harga dan kepercayaan berdampak pada minat beli dan jenis ritel seperti ritel offline dan ritel online berdampak pada keputusan pemilihan ritel para responden, kedua-duanya dengan dampak yang berbeda-beda pada tiap kelompok kependudukan sebagaimana dirincikan pada lampiran laporan penelitian ini.