Perdagangan online adalah aktivitas membeli dan menjual barang fisik secara online. Laporan
dari Momentum Works menunjukkan nilai perdangangan bruto (GMV) dari platform
perdagangan online di Indonesia mencapai $40 miliar pada tahun 2020, yang merupakan 20%
dari total nilai ritel di Indonesia. Pada tahun 2020, dua platform perdagangan online terbesar
di Indonesia adalah Tokopedia dan Shopee, menguasai lebih dari 70% pangsa pasar
perdagangan online.
Aurora Commerce Retail (ACR) merupakan salah satu toko yang menjual produk di platform
perdagangan online. Perusahaan ini mengkhususkan diri menjual dua kategori produk utama
yaitu suplemen kesehatan dan elektronik dapur. Usaha ritel, khususnya ritel online seperti yang
dilakukan ACR, merupakan industri yang sangat terfragmentasi karena terdapat sangat banyak
toko dari ukuran kecil hingga sedang dan secara umum tidak ada satu pemain yang
mendominasi pasar. Hal ini mengakibatkan usaha toko online seperti ACR memiliki tantangan
tersendiri seperti ketatnya persaingan dengan toko lain dan biaya platform yang semakin
meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan strategi perusahaan dan bisnis yang
paling sesuai dengan kondisi ACR. Penelitian ini mengumpulkan data untuk kemudian
dilakukan analisis terhadap konsumen ACR serta lingkungan eksternal dan internal. Dari
analisis yang sudah dilakukan, akan dibentuk SWOT matrix dan selanjutnya akan
diformulasikan menjadi strategi perusahaan dan strategi bisnis yang sesuai untuk ACR.
Berdasarkan hasil penelitian, kondisi ACR saat ini didominasi oleh strength dan threat
sehingga menempatkan ACR pada kuadran diversifkasi (diversification). Oleh karena itu, arah
strategi terbaik utk ACR saat ini adalah melakukan diversifikasi bisnis. Ditunjang oleh latar
belakang di bagian software engineering, ACR dapat melakukan eksplorasi untuk
mengembangkan kemampuannya di bidang pengembangan piranti lunak untuk kebutuhan
operasional ecommerce. Sedangkan untuk memastikan keberlangsungan bisnis ritelnya di
bidang supplement kesehatan dan eletronik dapur, strategi bisnis yang diusulkan untuk ACR
adalah dengan fokus pada beberapa merk dengan diferensiasi pada branding value dan
awareness.