digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penggunaan sepeda motor sebagai moda distribusi barang (last mile) sering dijumpai pada wilayah perkotaan di Indonesia. Hal ini menimbulkan permasalahan yang penting untuk diperhatikan seperti daya angkut yang terbatas dan jangkauan jarak relatif pendek. Untuk itu, dalam penelitian ini dilakukan pemodelan optimasi untuk permasalahan penentuan rute dengan sepeda motor sebagai moda untuk distribusi barang (last mile). Meminimalkan jarak tempuh merupakan fungsi tujuan dari model optimasi yang akan dikonversikan menjadi biaya pengiriman barang. Metode Vehicle Routing Problem (VRP) digunakan sebagai metode utama penentuan rute dengan PSO untuk menyelesaikan permasalahan penentuan rute. Model diuji dengan suatu permasalahan pemilihan rute untuk 1 drop point yang melayani 26 lokasi pelanggan dengan jaringan jalan yang ada di Kota Bandung. Aplikasi yang digunakan untuk proses pemodelan adalah MATLAB. Berdasarkan hasil model, model optimasi yang digunakan pada penelitian ini sudah dapat menghasilkan pengaturan rute untuk pengantaran barang. Hasil dari model didapatkan penugasan kendaraan yang untuk pengantaran barang dengan total jarak tempuh, total waktu tempuh, dan total biaya operasional kendaraan yang paling minimal dari beragam skenario terkait dengan permintaan, jumlah kendaraan, dan pembagian area pengantaran barang.