SMK Riset Teknologi Jaya adalah salah satu sekolah kejuruan di Jakarta Timur
yang mempunyai 4 jurusan diantaranya adalah Teknik Komputer dan Jaringan,
Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Sepeda Motor. Dari
sejak berdirinya SMK Riset Teknologi Jaya, sekolah sudah memiliki banyak
peminat. Fasilitas yang diberikan oleh sekolah kepada siswa cukup memadai, dan
biaya sekolah di SMK Ristek Jaya cukup terjangkau. Namun, tiga tahun terakhir
SMK Ristek Jaya mengalami penurunan jumlah peminat siswa yang signifikan.
Tahun ajaran 2019/1010 sebanyak 604 siswa, 2020/2021 sebanyak 572 dan
2021-2022 sebanyak 485.
Identifikasi yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penyebaran
kuesioner kepada siswa SMK Ristek Jaya, alumni SMK dan orang tua yang ada di
sekitar lokasi sekolah sebagai kuantitatif metode, focus group discussion dengan
guru-guru SMK Ristek Jaya, interview dengan orang tua siswa dan kepala
sekolah SMK Ristek Jaya sebagai kualitatif metode. Tujuan dari identifikasi ini
untuk mengetahui lebih dalam penyebab dan apa yang dibutuhkan oleh calon
pelanggan terhadap Sekolah Menengah Kejuruan. Tentunya pertanyaan yang
diberikan sudah disesuaikan berdasarkan teori yang mendukung proses
penelitian. Dalam proses penelitian, penulis menggunakan literature review Value
Proposition membantu menemukan value baru yang harus sekolah dapat
ditawarkan kepada calon pelanggan dan menggunakan Experiential Marketing
untuk menyampaikan value tersebut kepada calon pelanggan. Untuk proses
identifikasi, penulis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan open coding untuk
melihat hasil dari identifikasi tersebut.
Hasil dari identifikasi adalah, SMK Ristek Jaya akan fokus dalam perbaikan
sarana dan prasarana sekolah guna menunjang potensi siswa, meningkatkan
kualitas guru dan menambah resources SMK Ristek Jaya. Rekomendasi tersebut
akan diimplementasikan pada tahun 2022-2023. Perencanaan dan implementasi
tersebut bersifat adaptif berdasarkan hasil pemantauan selama pelaksanaan.