digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SMK Riset Teknologi Jaya adalah salah satu sekolah kejuruan di Jakarta Timur yang mempunyai 4 jurusan diantaranya adalah Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Sepeda Motor. Dari sejak berdirinya SMK Riset Teknologi Jaya, sekolah sudah memiliki banyak peminat. Fasilitas yang diberikan oleh sekolah kepada siswa cukup memadai, dan biaya sekolah di SMK Ristek Jaya cukup terjangkau. Namun, tiga tahun terakhir SMK Ristek Jaya mengalami penurunan jumlah peminat siswa yang signifikan. Tahun ajaran 2019/1010 sebanyak 604 siswa, 2020/2021 sebanyak 572 dan 2021-2022 sebanyak 485. Identifikasi yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada siswa SMK Ristek Jaya, alumni SMK dan orang tua yang ada di sekitar lokasi sekolah sebagai kuantitatif metode, focus group discussion dengan guru-guru SMK Ristek Jaya, interview dengan orang tua siswa dan kepala sekolah SMK Ristek Jaya sebagai kualitatif metode. Tujuan dari identifikasi ini untuk mengetahui lebih dalam penyebab dan apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan terhadap Sekolah Menengah Kejuruan. Tentunya pertanyaan yang diberikan sudah disesuaikan berdasarkan teori yang mendukung proses penelitian. Dalam proses penelitian, penulis menggunakan literature review Value Proposition membantu menemukan value baru yang harus sekolah dapat ditawarkan kepada calon pelanggan dan menggunakan Experiential Marketing untuk menyampaikan value tersebut kepada calon pelanggan. Untuk proses identifikasi, penulis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan open coding untuk melihat hasil dari identifikasi tersebut. Hasil dari identifikasi adalah, SMK Ristek Jaya akan fokus dalam perbaikan sarana dan prasarana sekolah guna menunjang potensi siswa, meningkatkan kualitas guru dan menambah resources SMK Ristek Jaya. Rekomendasi tersebut akan diimplementasikan pada tahun 2022-2023. Perencanaan dan implementasi tersebut bersifat adaptif berdasarkan hasil pemantauan selama pelaksanaan.