Media sosial telah menjadi alat yang paling digunakan untuk bersosialisasi,
memulai bisnis baru dan membagi pengalaman serta juga untuk menyebarluaskan
kesadaran mengenai konsep seperti mode berkelanjutan. Diantara media sosial
seperti Twitter dan Facebook, Instagram adalah salah satu media sosial yang
populer dan sangat visual. Dalam media sosial Instagram terdapat influencers dan
diasumsikan bahwa influencer sebagai pemuka pendapat dapat menyebarluaskan
konsep secara lebih jauh karena sudah memiliki komunitas yang tertarik dengan
topik yang diangkat oleh influencer yang diikuti. Dikarenakan mode berkelanjutan
terkait dengan sustainability dan mode, penelitian ini mengkaji bagaimana seorang
influencer dapat menyebarluaskan konsep mode berkelanjutan dalam Instagram.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis
konten, mengacu kepada data penelitian sebelumnya dan analisis pada konten di
akun publik influencer Instagram dan respons yang diberikan kepada konten.
Dalam penelitian ditemukan bahwa media sosial Instagram dapat digunakan untuk
menyebarluaskan wawasan pada mode berkelanjutan. Tahapan dan latar belakang
yang diangkat oleh Influencer sebelumnya juga memiliki efek pada sebagaimana
jauh dan dalam wawasan mode berkelanjutan tersebar. Pada contohnya influencer
tahapan mikro dengan latar belakang mode berkelanjutan memiliki efek yang lebih
mendalam sedangkan influencer makro dengan latar belakang mode memiliki efek
jangkauan yang lebih luas.