digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Media sosial telah menjadi alat yang paling digunakan untuk bersosialisasi, memulai bisnis baru dan membagi pengalaman serta juga untuk menyebarluaskan kesadaran mengenai konsep seperti mode berkelanjutan. Diantara media sosial seperti Twitter dan Facebook, Instagram adalah salah satu media sosial yang populer dan sangat visual. Dalam media sosial Instagram terdapat influencers dan diasumsikan bahwa influencer sebagai pemuka pendapat dapat menyebarluaskan konsep secara lebih jauh karena sudah memiliki komunitas yang tertarik dengan topik yang diangkat oleh influencer yang diikuti. Dikarenakan mode berkelanjutan terkait dengan sustainability dan mode, penelitian ini mengkaji bagaimana seorang influencer dapat menyebarluaskan konsep mode berkelanjutan dalam Instagram. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis konten, mengacu kepada data penelitian sebelumnya dan analisis pada konten di akun publik influencer Instagram dan respons yang diberikan kepada konten. Dalam penelitian ditemukan bahwa media sosial Instagram dapat digunakan untuk menyebarluaskan wawasan pada mode berkelanjutan. Tahapan dan latar belakang yang diangkat oleh Influencer sebelumnya juga memiliki efek pada sebagaimana jauh dan dalam wawasan mode berkelanjutan tersebar. Pada contohnya influencer tahapan mikro dengan latar belakang mode berkelanjutan memiliki efek yang lebih mendalam sedangkan influencer makro dengan latar belakang mode memiliki efek jangkauan yang lebih luas.