digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Livia Dharmago
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Direktur PT Mega Daya Industri merasakan adanya performansi perusahaan yang tidak optimal. Identifikasi akar masalah dilakukan menggunakan fishbone diagram dan diperoleh 6 akar masalah yang menjadi fokus penelitian, yaitu tidak adanya SOP mengenai pencatatan stok, pembuatan dokumen secara manual, dokumen hanya disimpan di dalam satu komputer, penagihan dilakukan secara manual untuk setiap pelanggan, tidak adanya reminder tanggal jatuh tempo, dan human error. Untuk mengatasi masalah perusahaan, diperlukan perbaikan proses bisnis menggunakan business process improvement (BPI). Perbaikan proses bisnis PT Mega Daya Industri menggunakan business process improvement (BPI) dan terdiri atas lima langkah, yaitu pemahaman kebutuhan bisnis, pemahaman proses, permodelan dan analisis proses, pendesainan ulang proses, dan implementasi proses baru. Pemahaman kebutuhan bisnis dilakukan dengan mengidentifikasi visi dan struktur organisasi. Pemahaman proses dilakukan dengan pemetaan proses bisnis saat ini menggunakan cross-functional diagram. Permodelan dan analisis proses dilakukan dengan verifikasi pemetaan proses bisnis saat ini serta mengidentifikasi potensi perbaikan proses bisnis saat ini menggunakan improvement technique wheel. Pendesainan ulang proses dilakukan dengan pemetaan proses bisnis usulan dan perancangan solusi. Implementasi proses baru dilakukan dengan perencanaan implementasi. 20 proses bisnis teridentifikasi membutuhkan perbaikan proses bisnis. Prosesproses tersebut termasuk ke dalam proses yang non-value added, terduplikasi atau redundan, membutuhkan simplifikasi, atau membutuhkan otomasi. Untuk memperbaiki proses-proses tersebut, perusahaan disarankan untuk menggunakan tools otomasi, mengeliminasi beberapa proses bisnis, dan mengurangi perpindahan tanggung jawab proses bisnis. Untuk mendukung perbaikan tersebut, perusahaan disarankan untuk menggunakan sistem ERP dari vendor Odoo menggunakan 5 modul, yaitu modul inventory, contacts, sales, invoicing, dan purchase. Kata kunci: