2023 TA PP ANNISA NABILA ZARLAN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Manusia merupakan mahluk yang mudah untuk beradaptasi sesuai dengan perubahan
lingkungannya demi bertahan hidup. Di awal pandemi muncul dan kebijakan isolasi mandiri
diberlakukan mayoritas merasa tidak nyaman dan cemas untuk menyesuaikan diri dengan
kebiasan baru “New Normal” yang serba online, minim kontak dengan orang lain, dan
mengurangi pergi dari rumah. Tapi setelah berjalan lebih dari satu tahun manusia secara
natural pun beradaptasi, “New Normal” mulai dianggap menjadi normal yang sesungguhnya.
Sehingga ketika mulai muncul kemungkinan untuk kembali ke normal sebelum “New Normal”
tak sedikit orang yang merasa cemas untuk beradaptasi lagi. Fenomena yang dapat disebut
sebagai “Cocooning Behavior” dimana individu yang mengalaminya merasa nyaman dengan
kesendiriannya di balik kepompong yang seakan melindunginya dari dunia luar (Faith Popcorn,
1981). Umumnya orang yang mengalami fenomena ini memang memilih sendiri untuk tidak
keluar dari rumahnya, namun di masa pandemi semua orang memang dihimbau untuk
mengurangi kegiatan di luar dan berinteraksi sosial. Hal ini bisa beresiko membuat orang yang
tadinya tidak menunjukkan indikasi memiliki kecemasan sosial jadi ikut mengalaminya juga,
terutama bagi remaja akhir yang sedang memiliki kebutuhan tinggi untuk berinteraksi dengan
orang lain di masa perkembangannya untuk pembentukkan karakternya menuju masa
dewasa. Perancangan tugas akhir dengan topik cocooning behavior ini direncanakan
menggunakan media Visual Novel yang merupakan salah satu game yang fokus pada narasinya
dimana pilihan yang diambil oleh pengguna akan memiliki pengaruh yang besar pada alur
cerita; sehingga menimbulkan imersi naratif yang dapat membuat pengguna merasa terlibat
dengan narasi yang dibawakan. Rasa empati pun akan muncul ketika pengguna dapat mulai
merasa terikat dengan karakter tertentu dan memahami narasi yang ingin disampaikan dalam
level yang personal.