digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Setelah pandemi model bisnis meal kit mendapatkan daya tarik di mata pengusaha. Banyak perusahaan meal kit bermunculan setelah pandemi. Sementara mereka mencoba untuk menemukan strategi terbaik di pasar, MasakBox menyelam dan mencoba menemukan praktik terbaik untuk menang dalam bisnis meal kit. Penelitian ini akan membahas perjalanan MasakBox selama 6 bulan dari Maret 2022 hingga September 2022. Penelitian ini akan menjadi dasar bagi perusahaan untuk terus berbenah dan berinovasi dengan mendapatkan customer insight secara terus menerus, memperoleh rekomendasi ahli, dan menganalisis kondisi bisnis yang ada secara internal maupun eksternal. Literatur yang akan digunakan dalam analisis internal adalah Business Process Analysis, dan Value Proposition Canvas. Sedangkan analisis eksternal menggunakan beberapa literatur seperti Business Ecosystem Analysis, dan Porter Five Forces. Nantinya, kita akan membahas update yang diterapkan dalam bisnis tersebut. Hasil akhir dari tesis ini akan menunjukkan usulan strategi yang dijelaskan dan dirangkum dalam strategi Continuous Improvement untuk bisnis di masa depan. Untuk merumuskan strategi tersebut penulis menggunakan Business Process Improvement, Moment of Truth, dan Morphological Forced Connections.