2023_TS_PP_Atreiyu Sianmayo Detantra_29120338_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Setelah pandemi model bisnis meal kit mendapatkan daya tarik di mata pengusaha. Banyak
perusahaan meal kit bermunculan setelah pandemi. Sementara mereka mencoba untuk
menemukan strategi terbaik di pasar, MasakBox menyelam dan mencoba menemukan praktik
terbaik untuk menang dalam bisnis meal kit.
Penelitian ini akan membahas perjalanan MasakBox selama 6 bulan dari Maret 2022 hingga
September 2022. Penelitian ini akan menjadi dasar bagi perusahaan untuk terus berbenah dan
berinovasi dengan mendapatkan customer insight secara terus menerus, memperoleh
rekomendasi ahli, dan menganalisis kondisi bisnis yang ada secara internal maupun eksternal.
Literatur yang akan digunakan dalam analisis internal adalah Business Process Analysis, dan
Value Proposition Canvas. Sedangkan analisis eksternal menggunakan beberapa literatur
seperti Business Ecosystem Analysis, dan Porter Five Forces. Nantinya, kita akan membahas
update yang diterapkan dalam bisnis tersebut.
Hasil akhir dari tesis ini akan menunjukkan usulan strategi yang dijelaskan dan dirangkum
dalam strategi Continuous Improvement untuk bisnis di masa depan. Untuk merumuskan
strategi tersebut penulis menggunakan Business Process Improvement, Moment of Truth, dan
Morphological Forced Connections.