digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Semenjak pandemi covid-19 aktivitas masyarakat berubah drastis karena adanya karantina juga pembatasan jarak. Hampir semua kegiatan dari sekolah, bekerja, konsultasi kesehatan, olahraga dan lain lain dilakukan secara daring dari tempat tinggal mereka. Hal ini memunculkan kebutuhan baru bagi masyarakat Indonesia yaitu koneksi internet broadband. Permintaan akan jasa internet fixed broadband provider meningkat semenjak adanya pandemic covid-19 dan di prediksi akan terus mengalami pertumbuhan sampai dengan tahun 2026. Keadaan ini membuka peluang bisnis yang sangat besar bagi penyedia layanan internet fixed broadband atau yang akrab kita sebut denga Wifi. Banyaknya merk pendatang baru penyedia layanan internet fixed broadband ini memunculkan persaingan. Sejauh ini merk IndiHome masih memimpin pasar internet fixed broadband service provider di Indonesia degan market share terbesar. Namun pada akhir tahun 2021 tepatnya pada bulan October ke December 2021 IndiHome mengalami peningkatakan persentase churn rate (pelanggan yang berhenti berlangganan atau cabut layanan) sebesar 29.11%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih produk fixed broadband internet service provider serta memberi rekomendasi kepada IndiHome. Analisa choice modelling akan digunakan dalam riset ini, dimana untuk memperkirakan probabilitas masyaralat Jabodetabek dalam memilih merk penyedia layanan internet fixed broadband. Riset ini dilakukan kepada 201responden melalui 2 jenis kuesioner online yaitu Unlabelled questionnaire dan labelled questionnaire. Penulis membuat gambaran pertanyaan atau skenario stated preference menggunakan D-efficient dari software NGENE. Scenario yang di hasilkan sebanyak 28 skenario dengan 3 alternative dan 7 attribute yaitu Kualitas produk, Kecepatan Internet, Harga, Layanan Pelanggan, Citra Merek, Promosi, dan Paket Bundling. Responden diminta untuk menjawab pilihan produk sesuai dengan merk melalui kombinasi scenario. Hasil menunjukkan beberapa atribut yang memiliki nilai signifikansi. Atribut tersebut adalah Harga pada merk IndiHome, Biznet dan Iconnet. Kecepatan Internet pada merk IndiHome, Pelayanan Pelanggan pada merk IndiHome dan Iconnet dan Paket Bundling pada merk Iconnet. Terdapat beberapa rekomendasi untuk IndiHome agar memperhatikan atirubut yang memiliki nilai signifikan dan elastis.