digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peranan Air Traffic Controller (ATC) sebagai pengatur lalu lintas penerbangan pada bandara sangat penting dalam memandu para pilot selama menjalankan pesawat di udara. ATC memberikan informasi yang dibutuhkan pilot pada saat pesawat berada pada controlled system area, seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara. Dalam melakukan operasionalnya ini ATC menggunakan komunikasi suara sebagai alat utama dalam melakukan pengendalian trafik penerbangan. Salah satu komponen pada ATC yang menyediakan fasilitas komunikasi suara dan perekaman pada semua Controller Working Position (CWP) seperti Tower Controller, Approach Controller, Area Controller adalah Voice Switching Control System (VSCS). Teknologi VSCS yang dominan saat ini menggunakan teknologi Circuit Switching (CS) dan Time Division Multiplexing (TDM) yang berbasis analog. Seiring dengan berkembangnya sistem berbasis komputer dan teknologi informasi dengan teknologi Packet Switching (PS) yang menggunakan protokol TCP/IP, maka sistem VSCS dengan teknologi CS yang kompleks dan mahal dapat digantikan dengan sistem yang lebih modern dan murah berbasis Voice over IP (VoIP). Tesis ini membahas mengenai solusi pembangunan dan pengukuran kinerja prototipe VSCS berbasis IP dengan menggunakan teknologi VoIP. Hasil pengukuran kinerja dari antena ground-plane model vertikal ???? ???????????? yang digunakan pada prototipe VSCS ini pada jarak 3600m masih memiliki Signal Power Level pada nilai -133,9 dBm atau -163,9 dBW yang memenuhi standar ICAO yaitu dokumen PBN SG/1-WP/4. Hasil pengukuran kinerja pada keseluruhan komunikasi VoIP pada prototipe ini mempunyai delay dibawah nilai toleransi maksimum komunikasi VoIP yaitu 100-150 ms. Sedangkan jitter mempunyai nilai dibawah 50 ms yang memenuhi toleransi maksimum untuk komunikasi yang bersifat streaming. Packet Loss pada prototipe ini menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu 0%, sedangkan troughput mempunyai nilai yang bervariasi dan hal ini sangat dipengaruhi oleh intensitas pembicaraan dan noise yang masuk pada saat pengukuran. Dengan demikian, prototipe VSCS yang dibangun mempunyai kinerja sesuai standar yang diisyaratkan ICAO.