digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Blibli.com adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik asal Indonesia. Blibli.com menyediakan berbagai macam jenis produk mulai dari peralatan medis hingga produk busana. Perusahaan tersebut juga menyediakan layanan seperti pengiriman bebas biaya dan metode pembayaran menggunakan cicilan untuk melengkapi pengalaman berbelanja konsumen. Akan tetapi, meski dengan banyaknya layanan yang dimiliki Blibli.com, jumlah pengguna yang dimiliki oleh perusahaan tersebut masih berada di bawah dua merk perdagangan elektronik terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia dan Shopee. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelusuri penyebab rendahnya angka pengguna di Blibli.com. Analisa eksternal dan internal dilakukan untuk mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi masalah tersebut. Analisa eksternal menemukan berbagai ancaman seperti competitor yang kuat, namun ditemukan juga peluang seperti tingginya angka pengguna internet. Analisa internal juga dilakukan, dimana ditemukan kekuatan seperti nama Blibli.com yang sudah banyak diketahui konsumen, namun ditemukan juga kelemahan seperti tidak adanya tawaran yang menarik dari Blibili.com. Hasil penemuan ini kemudian digabung dalam analisa SWOT. Lalu langkah selanjutnya adalah memasukan hasil tersebut ke dalam analisa root cause. Hasil dari analisa root cause menunjukkan bahwa tawaran yang dimiliki Blibli.com kurang menarik jika dibandingkan dengan kompetitor. Blibli.com perlu mencari cara untuk dapat menrarik perhatian konsumen, terutama konsumen baru. Usulan strategi untuk mengatasi masalah ini disusun berdasarkan analisa TOWS. Dari analisa tersebut, ada empat usulan strategi yang diajukan. Strategi pertama adalah memperbaiki strategi promosi secara keseluruhan. Usulan strategi ini didasari oleh hasil analisa konsumen yang menunjukkan hasil kurang baik dari promosi Blibli.com. Strategi kedua adalah meningkatkan promosi penjualan. Usulan strategi ini didasari oleh pentingnya peran promosi penjualan dalam analisa konsumen. Strategi ketiga adalah meningkatkan keamanan di situs Blibli.com. Memiliki keamanan situs yang baik dapat menjadi kelebihan, terutama ketika seringnya terjadi kebocoran data pengguna dalam industri yang sama. Strategi keempat adalah menciptakan product feature yang unik. Kebanyakan kompetitor perdagangan elektronik memiliki pola promosi yang serupa. Memiliki product feature yang unik dapat memberikan ciri khas bagi Blibli.com sehingga dapat mempermudah menarik perhatian konsumen.