digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) merupakan salah satu koperasi penghasil susu di kawasan Lembang Jawa Barat. KPSBU menjalankan aktifitas bisnis yaitu dengan menjual susu kepada beberapa perusahaan diluar Jawa Barat dan memiliki produk sendiri seperti yoghurt, susu pasteurisasi, es yoghurt, tahu susu, dan susu murni. Beberapa tahun terakhir KPSBU mengalami penurunan penjualan produk. Apabila masalah penurunan penjualan tersebut teratasi, maka kesejahteraan anggota koperasi yang merupakan warga lokal Lembang akan meningkat akibat profit dari penjualan yang baik. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dihasilkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden masyarakat Jawa Barat bertujuan memahami konsumen tentang kesadaran merk dan penggunaan social media. Selain itu pengumpulan data dilakukan melalui blind test yang dilakukan kepada 10 orang audiens yang dipersilahkan memberikan pendapat, scoring, dan brand prediction terhadap tiga susu pasteurisasi yaitu KPSBU, Greenfield, dan Diamond sebagai kompetitor yang bertujuan memahami persepsi konsumen terhadap rasa dan packaging susu pasteurisasi. Solusi bisnis yang dapat diimplementasikan oleh KPSBU diantaranya seperti formulasi positioning melalui Point of Parity (POP) dan Point of Difference (POD), repackaging product, strategi distribution channel, social media marketing, advertising, dan personal selling. Melalui implementasi strategi tersebut, diharapkan dapat memperbaiki masalah bisnis penurunan penjualan dan aktifitas bisnis KPSBU semakin berkembang dimasa yang akan datang.