Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) merupakan salah satu koperasi penghasil
susu di kawasan Lembang Jawa Barat. KPSBU menjalankan aktifitas bisnis yaitu dengan
menjual susu kepada beberapa perusahaan diluar Jawa Barat dan memiliki produk sendiri
seperti yoghurt, susu pasteurisasi, es yoghurt, tahu susu, dan susu murni. Beberapa tahun
terakhir KPSBU mengalami penurunan penjualan produk. Apabila masalah penurunan
penjualan tersebut teratasi, maka kesejahteraan anggota koperasi yang merupakan warga
lokal Lembang akan meningkat akibat profit dari penjualan yang baik. Metode pada
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dihasilkan melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden masyarakat Jawa Barat bertujuan memahami
konsumen tentang kesadaran merk dan penggunaan social media. Selain itu pengumpulan
data dilakukan melalui blind test yang dilakukan kepada 10 orang audiens yang
dipersilahkan memberikan pendapat, scoring, dan brand prediction terhadap tiga susu
pasteurisasi yaitu KPSBU, Greenfield, dan Diamond sebagai kompetitor yang bertujuan
memahami persepsi konsumen terhadap rasa dan packaging susu pasteurisasi. Solusi bisnis
yang dapat diimplementasikan oleh KPSBU diantaranya seperti formulasi positioning
melalui Point of Parity (POP) dan Point of Difference (POD), repackaging product, strategi
distribution channel, social media marketing, advertising, dan personal selling. Melalui
implementasi strategi tersebut, diharapkan dapat memperbaiki masalah bisnis penurunan
penjualan dan aktifitas bisnis KPSBU semakin berkembang dimasa yang akan datang.