Dalam proses pembelajaran, mahasiswa berkomunikasi dengan dosen. Komunikasi
yang intens terjalin mulai dari konsep ide hingga pada hasil akhir. Namun
penyampaian ide yang terkait ruang spasial, merupakan hal yang rumit, hal ini
berhubungan dengan ide yang bersifat abstrak. Language barrier diyakini menjadi
dasar permasalahan dari bahasa verbal memiliki keterbatasan. Dari sinilah
keberadaan gambar menjadi penting. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah bantuan referensi gambar online memiliki peran dalam
membantu dalam efektivitas komunikasi pembelajaran jarak jauh antara pelajar
dengan pengajar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut sejumlah mahasiswa
jurusan desain interior diminta menyusun konsep desain mengenai sebuah masalah
interior dengan mengumpulkan referensi gambar yang disusun per-elemen interior
(moodboard pinterest). Sebagai kontrol sejumlah mahasiswa juga diminta untuk
menyusun konsep tersebut dengan metode kovensional sketsa. Konsep tersebut
kemudian diujikan dalam kegiatan bimbingan antara mahasiswa dengan dosen
secara online menggunakan google meet. 36 mahasiswa desain interior dari
beberapa universitas di Indonesia ikut serta secara volunter dalam penelitian ini.
Mahasiswa diuji dengan menilai 3 aspek yaitu, tingkat komunikasi interpersonal,
motivasi pembelajaran, dan penguasaan terhadap media pembelajaran. Hasil studi
menunjukan kelompok yang menggunakan referensi online pinterest. ternyata
memiliki hasil komunikasi interpersonal yang lebih baik, namun tidak berbanding
lurus dengan faktor motivasi. Karena tidak ada perbedaan yang signifikan, dan pada
penguasaan media juga diungguli oleh kelompok dengan referensi online pinterest