digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Daniel Gani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Daniel Gani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Daniel Gani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Daniel Gani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Daniel Gani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Daniel Gani
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Industri digital di Indonesia memperlihatkan perkembangan signifikan dan diakselerasi dengan terjadinya pandemi, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya permintaan dan adopsi uang digital di masyaratkan serta menyebabkan banyak bermunculan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) baru atau yang sering disebut salah satunya sebagai Finance Technology, seiring cepatnya perkembangan uang pembayaran dan munculnya banyak Penyelenggara Jasa Pembyaran (PJP) baru memicu Peraturan Anggotan Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar National Quick Response Code guna memastikan efisiensi dan meminimilkan fragmentasi pada transaksi serta dapat di akses oleh semua PJP dalam satu standar. Salah satu PJP diantaranya adalah PT. Biru Terpercaya merupakan aplikasi dompet digital dengan produk utama DANA Wallet dan DANA Widgets memiliki layanan seperti Pembayaran online transfer peer-to-peer, tagihan (listrik, air, BPJS), permainan, dan lain-lain, serta pembayaran offline menggunakan QRIS. Penelitian ini akan dibagi menjadi tiga proses inti yaitu analisis pasar, eksplorasi masalah bisnis dan implementasi strategi bisnis. Pada penelitian tahap pertama, penulis melakukan analisis pasar untuk menguji faktor internal dan eksternal menggunakan SWOT, PEST, Porter's Five Forces. Berdasarkan analisis hasil tahap pertama, strategi bisnis dirumuskan dengan menggunakan Porter’s Generic Strategy dan Business Model Canvas. Langkah terakhir dari fase ini adalah menentukan rute menuju strategi pasar, dengan membentuk aliansi strategis dan menargetkan pasar segmen tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa DANA saat ini belum memiliki nilai proposisi atau produk andalan, dengan mengembangkan produk baru dan memilih ekslusif strategis partner akan memperkuat posisi DANA di pasar.