Labtek Indie merupakan konsultan pengembangan produk digital yang telah berdiri sejak tahun 2012.
Labtek Indie menawarkan seluruh proses pengembangan produk digital yang mencakup riset pengguna,
desain produk, dan pengembangan perangkat lunak. Disaat tingginya pertumbuhan pasar IT di Indonesia
yang mencapai growth rate 14.7%, Labtek Indie justru mengalami stagnansi dalam penjualan services.
Berdasarkan data penjualan perusahaan selama tiga tahun terakhir, penjualan service Labtek Indie tidak
mengalami peningkatan. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh penurunan aktivitas marketing akibat
dari permasalahan operasional perusahaan. Oleh karena itu, Labtek Indie memerlukan strategi bisnis
untuk dapat mencapai pertumbuhan dan mendapatkan keunggulan kompetitif di industri teknologi
informasi yang memiliki pertumbuhan yang tinggi.
Penelitian ini ditujuan untuk membantu Labtek Indie dalam mencapai pertumbuhan dan mendapatkan
keunggulan bersaing melalui strategi bisnis dan rencana implementasi yang akan didiskusikan pada
chapter berikut. Eksplorasi isu bisnis dilakukan dengan meninjau kondisi eksternal dan internal
perusahaan. Kondisi eksternal meliputi analisis lingkungan umum, analisis industri (Porter’s Five
Forces), analisis konsumen, dan analisis kompetitor. Analisis internal kemudian meliputi analsisi
sumber daya dan analisis rantai aktivitas dari Labtek Indie yang disimpulkan dengan analisis kompetensi
utama dari Labtek Indie. Keseluruhan analisis kemudian disimpulkan melalui SWOT. Data primer
penelitian diperoleh melalui interview perusahaan dan interview dengan ahli pada teknologi informasi
industri. Data sekunder kemudian diperoleh melalui dokumen perusahaan serta jurnal akademik dan
referensi lainnya seperti laporan dan artikel online untuk melengkapi analisis.
Pada bab ketiga, diajukan strategi bisnis Labtek Indie untuk mencapai pertumbuhan dan mendapatkan
keunggulan kompetitif melalui penyusunan strategi diamond berdasarkan analisis SWOT. Keseluruhan
aspek dari strategi diamond mencakup arena, kendaraan, pembeda, tahapan, dan logika ekonomi
dianalisis sehingga menjadi strategi bisnis yang utuh. Penelitian ini mengusulkan Labtek Indie untuk
menjalankan strategi diferensiasi melalui pengembangan aktivitas internal secara organik. Selain itu,
diusulkan juga mengenai target segment serta tahapan dalam menjalankan strategi sehingga dapat
mencapai pertumbuhan dan mendapatkan keunggulan bersaing.
Terakhir, pada bab keempat, rencana implementasi strategi diajukan berdasarkan usulan strategi bisnis
pada bab sebelumnya. Rencana ini mencakup aktivitas yang perlu dikembangkan oleh Labtek Indie
beserta dengan jadwal dari setiap aktivitas.