digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Persaingan bisnis di pasar internasional semakin hari semakin ketat, penuh tantangan dan ketidakpastian. Faktor faktor eksternal dapat menjadi ancaman dan peluang yang cukup signifikan bagi perusahaan. Perubahan kondisi eksternal politik, ekonomi, social budaya, dan teknologi, ternyata mampu mempengaruhi kondisi pasar. Oleh karena itu, diperlukan upaya upaya untuk mencari dan menyusun strategi strategi perusahaan yang mempertimbangkan kondisi eksternal dan internal perusahaan, guna memanfaatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahan perusahaan, dalam rangka meningkatkan daya saing di pasar internasional. PT Rattanland Furniture sebagai perusahaan ekspor furniture rotan telah menyadari sepenuhnya keadaan tersebut. Meskipun perusahaan telah melakukan online marketing tetapi sejak tahun lalu terjadi penurunan peningkatan penjualan. Sehingga diperlukan adanya upaya upaya peningkatan daya saing, yang salah satunya melalui penyusunan strategi bisnis dan pemasaran yang maksimal.