digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan meningkatnya kesadaran Generasi Z akan masalah lingkungan, terjadi kemunculan produk ramah lingkungan sangat diminati. Mengenai produk perawatan kulit, Generasi Z adalah konsumen terbaru yang memasuki pasar dengan pengetahuan yang baik tentang masalah lingkungan—menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB), pengetahuan produk, kesadaran harga, dan pengetahuan lingkungan. Makalah ini bertujuan untuk memahami sejauh mana kesadaran Generasi Z mempengaruhi niat beli mereka terhadap produk perawatan kulit hijau. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kunci lain yang mempengaruhi niat beli Generasi Z dan Generasi Y. Selanjutnya, makalah ini juga menguji motivasi altruistik dan nilai keamanan yang mempengaruhi sikap dalam model TPB untuk menguji niat beli terhadap green skincare. Tulisan ini berharap dapat membantu bisnis yang memiliki Generasi Z sebagai target pasarnya. Data yang dikumpulkan dari 160 responden di Kingston Upon Hull, Inggris, diuji terhadap model penelitian menggunakan metode campuran yang menggabungkan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi altruistik dan nilai keamanan mempengaruhi sikap responden terhadap niat beli produk green skincare. Selain itu, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, kesadaran harga, dan kepedulian lingkungan berkorelasi positif dengan niat beli terhadap produk perawatan kulit hijau. Namun pengetahuan produk tidak memiliki hubungan yang positif dengan niat beli terhadap produk green skincare dikarenakan banyaknya iklan palsu yang dilakukan oleh perusahaan yang mengaku sebagai produk ramah lingkungan. Penemuan penelitian ini menyajikan konsekuensi hipotetis dan layak yang signifikan untuk produk perawatan kulit ramah lingkungan pelanggan dengan cara berperilaku.