Bisnis sosial adalah bisnis yang mempunyai tujuan sosial, namun mereka tidak akan dapat menjalankan
perannya jika tidak stabil secara finansial. Mereka tidak hanya peduli terhadap masalah sosial tetapi juga
harus memiliki pendapatan dan keuntungan. Kopi Warga merupakan sebuah usaha sosial di industri kopi
yang belum mampu mengkomunikasikan nilai mereknya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan strategi komunikasi terbaik yang dapat membantu Kopi Warga mendapatkan lebih banyak
perhatian dan loyalitas dari konsumennya.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan secara sekunder
dan primer melalui kuesioner, analisis benchmark ke bisnis sejenis, dan analisa data yang terdahulu.
Salah satu alat yang dapat membantu Kopi Warga mengomunikasikan mereknya adalah melalui
Integrated Marketing Communication (IMC) yang akan membantu menerjemahkan mereknya ke dalam
pesan yang dapat dipahami, relevan, dan menarik sehingga akan mengarah pada niat beli.
Keberhasilan penerapan strategi IMC untuk bisnis yang berkelanjutan dapat berpengaruh pada nilai
ekonomi dengan meningkatkan volume penjualan. Dengan komunikasi yang efektif juga bisa
menghasilkan kepercayaan, keterlibatan berkelanjutan, dan meningkatkan citra merek. Berdasarkan hasil
survey terhadap konsumen dari Kopi Warga menggunakan strategi IMC menunjukkan dampak yang baik
pada persepsi pelanggan tentang merek dan dapat meningkatkan niat beli mereka. Sebagian besar
responden setuju dengan mengangkat isu sosial sebagai salah satu dari strategi marketing dapat
mempengaruhi daya beli mereka. Dengan penerapan strategi ini di Kopi Warga maka dapat membantu
keberlanjutan perusahaan.