digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis sosial adalah bisnis yang mempunyai tujuan sosial, namun mereka tidak akan dapat menjalankan perannya jika tidak stabil secara finansial. Mereka tidak hanya peduli terhadap masalah sosial tetapi juga harus memiliki pendapatan dan keuntungan. Kopi Warga merupakan sebuah usaha sosial di industri kopi yang belum mampu mengkomunikasikan nilai mereknya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi komunikasi terbaik yang dapat membantu Kopi Warga mendapatkan lebih banyak perhatian dan loyalitas dari konsumennya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan secara sekunder dan primer melalui kuesioner, analisis benchmark ke bisnis sejenis, dan analisa data yang terdahulu. Salah satu alat yang dapat membantu Kopi Warga mengomunikasikan mereknya adalah melalui Integrated Marketing Communication (IMC) yang akan membantu menerjemahkan mereknya ke dalam pesan yang dapat dipahami, relevan, dan menarik sehingga akan mengarah pada niat beli. Keberhasilan penerapan strategi IMC untuk bisnis yang berkelanjutan dapat berpengaruh pada nilai ekonomi dengan meningkatkan volume penjualan. Dengan komunikasi yang efektif juga bisa menghasilkan kepercayaan, keterlibatan berkelanjutan, dan meningkatkan citra merek. Berdasarkan hasil survey terhadap konsumen dari Kopi Warga menggunakan strategi IMC menunjukkan dampak yang baik pada persepsi pelanggan tentang merek dan dapat meningkatkan niat beli mereka. Sebagian besar responden setuju dengan mengangkat isu sosial sebagai salah satu dari strategi marketing dapat mempengaruhi daya beli mereka. Dengan penerapan strategi ini di Kopi Warga maka dapat membantu keberlanjutan perusahaan.