Stasiun MRT Kartini adalah sebuah stasiun layang yang terdiri dari 3 lantai yang dibangun untuk mengakomodasi pergerakan di Kota Jakarta. Ruang lingkup pengerjaan tugas akhir ini meliputi perancangan struktur atas stasiun dan jembatan penyeberangan. Lewat tugas akhir ini, mahasiswa diharapkan dapat merancang kedua fasilitas tersebut dengan sistem struktur yang sesuai dan menghasilkan desain yang optimal.
Struktur stasiun dirancang tahan gempa menggunakan Sistem Rangka Beton Pemikul Momen Khusus dengan atap Rangka Batang Baja Pemikul Momen Khusus berupa space truss. Struktur jembatan dirancang menggunakan sistem Rangka Baja dengan Bresing Konsentris Khusus. Analisis dan pemodelan struktur dilakukan dengan mempertimbangkan kombinasi pembebanan gempa yang sesuai dengan SNI 1726:2019 dan fungsi ruang sesuai SNI 1727:2020 menggunakan FE Software SAP2000. Untuk mencapai daktilitas yang diinginkan sesuai dengan sistem struktur terpilih, dilakukan desain dan detailing struktur beton sesuai SNI 2847:2019 serta desain dan detailing struktur baja sesuai dengan SNI 1729:2020. Berdasarkan hasil perancangan yang telah dilakukan, didapatkan hasil rancangan elemen struktur stasiun dan jembatan yang terdiri dari 6 jenis balok beton, 4 jenis kolom beton, 2 jenis pelat beton, dan 6 jenis truss, 9 jenis elemen struktur jembatan, dan 1 deck beton.