digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Elisabet Victoria Pravitama
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Manajemen pendapatan adalah adopsi pendekatan berbasis data untuk memprediksi perilaku konsumen dalam memaksimalkan pendapatan yang dikembangkan menjadi taktik dan strategi. Dari hasil tersebut dapat diperkirakan jumlah pemesanan, pembelian bahkan kapasitas produk yang harus dibuat. Manajemen pendapatan juga menggunakan sistem diskon, penyesuaian harga dan model soft customer sebagai beberapa metodenya. Tugas akhir ini membuat model deterministik sebagai model pendapatan dengan menggunakan regresi linear berganda antara Tasteit.bks dan kompetitor. Sebagai variabel bebas digunakan harga normal, harga diskon, dan faktor peak season atau tingkat pemesanan bulanan, sedangkan sebagai variabel respon digunakan tingkat pemesanan harian. Dari beberapa kombinasi variabel bebas yang digunakan, diperoleh hasil terbaik prediksi tingkat pemesanan dinyatakan sebagai berikut ????(????????????,????????????)=1,3301?9,541.10?6????????????+2,2894.10?6????????????+0,747????????. Model stokastik akan menggunakan pendapatan harian dan rasio antara pendapatan harian dibandingkan dengan pendapatan tertinggi sebagai variabelnya. Dari model stokastik diperoleh bahwa model tersebut memprediksi dengan baik hanya untuk kasus kompetitor satu yaitu Pleaseletme.eat. Optimal Pricing Model digunakan dalam melakukan penyesuaian harga dengan sebelumnya menggunakan uji Mann Whitney terlebih dahulu. Hasil dari uji Mann Whitney adalah model deterministik dengan memperhatikan faktor peak season tidak memiliki perbedaan signifikan dengan data asli. Dari Optimal Pricing Model diperoleh hasil harga terendah pada Tasteit.bks adalah ?????????????12+37197,34356 pada studi kasus pertama dengan Pleaseletme.eat dan ?????????????12+12169,95476 pada studi kasus kedua dengan Macaronischotel_Bekasi. Ordering Limit Model yang dibangun dinyatakan sebagai regresi linear dengan menggunakan tingkat pemesanan sebagai variabel bebas dan kapasitas harga diskon sebagai variabel respon sehingga keefektifan sistem diskon akan terlihat. Hasil dari model tersebut adalah sistem diskon yang digunakan belum efektif. Simulasi dilakukan untuk mendapatkan limit pemesanan harga diskon. Hasil pada Tasteit.bks diperoleh seperti pada persamaan berikut ????(????????????????????????)=6,90+24,243????????????????????????