2022 TS PP GINA KARUNIA KUSUMAH 1.pdf
iu
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos COVER Gina Karunia Kusumah
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 1 Gina Karunia Kusumah
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
BAB 2 Gina Karunia Kusumah
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
BAB 3 Gina Karunia Kusumah
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
BAB 4 Gina Karunia Kusumah
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
BAB 5 Gina Karunia Kusumah
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
PUSTAKA Gina Karunia Kusumah
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
Perkembangan teknologi internet dan ponsel pintar yang dapat dibawa ke mana saja
memberikan peluang bagi bisnis ride-hailing berbasis aplikasi seperti Gojek dan
Grab. Pada usaha layanan ride-hailing, aplikasi menjadi produk paling penting
dalam keberjalanan usaha tersebut. Konteks penggunaan menjadi penting karena
penggunaan aplikasi ride-hailing terjadi pada momen dimana pengguna cenderung
berada dalam posisi tidak menetap. Pada momen tersebut, pengguna memiliki
kecenderungan untuk memakai ponsel dengan satu tangan yang mana artinya
kendali ponsel dikendalikan oleh ibu jari. Beberapa studi menyatakan bahwa
penggunaan ponsel seperti demikian dapat menyebabkan kelelahan otot jari dan
tangan. Namun, belum banyak penelitian yang mengamati aktivitas elektrik otot
jari pengguna saat memesanan layanan ride-hailing. Berdasarkan hal tersebut,
penelitian ini mengamati dan membandingkan aktivitas otot jari pada saat
penggunaan aplikasi ride-hailing Gojek dan Grab melalui layar ponsel. Pengamatan
dilakukan menggunakan instrumen electromyography (EMG) disertai dengan
perekaman interaksi sentuh pada antarmuka. Metode penelitian dilakukan dengan
pendekatan kuantitatif yaitu uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks
untuk menganalisis perbedaan aktivasi otot jari saat menggunakan aplikasi Grab
dan Gojek. Efisiensi interaksi sentuh dianalisis melalui pemetaan intensitas
interaksi sentuh pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek dan Grab untuk
memesan jasa ride-hailing menggunakan layar sentuh dengan
mengimplementasikan grid 4x6. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan
tidak ada perbedaan signifikan antara aktivasi otot pada penggunaan aplikasi Gojek
dan Grab, namun antarmuka aplikasi Grab diprediksikan memiliki potensi
menyebabkan kelelahan otot yang lebih kecil daripada antarmuka aplikasi Gojek.
Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi panduan
desain antarmuka untuk aplikasi ride-hailing.