digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP Radian - Cover.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Radian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Radian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Radian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Radian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Radian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Radian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pasar seluler Indonesia sangat kompetitif. Pertumbuhan teknologi ponsel, layanan jaringan berkualitas tinggi semakin meningkat & kualitas jaringan sangat penting untuk tetap berada di posisi terbaik. IOH memfokuskan arah perusahaan pada peningkatan kualitas jaringan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Analisis menggunakan kuantitatif yang meliputi benchmark Nielsen CSAT dan indikator internal dari 9.404 responden dan indikator eksternal dari 129 responden untuk dianalisis menggunakan framework Six Sigma dengan metodologi DMAIC. Ada 3 faktor utama dari kekuatan sinyal, optimalisasi eNodeB dan peningkatan kapasitas. Proyek percontohan di 1.663 site pada minggu ke-4 tahun 2023 dan menghasilkan peningkatan 3% dalam statistik CSAT sejalan dengan pengurangan sinyal lemah 2,2%, overload site sebesar 1,4% dan EUT sebesar 20%. Pada Q1 2023 pelanggan IOH meningkat 3,9 juta dan pertumbuhan pendapatan 10% YoY, didorong oleh analisis laporan keuangan perusahaan dan strategi yang kuat dalam strategi Go-To-Market yang tajam juga integrasi jaringan penuh dan didukung oleh penjualan aset menara. Rekomendasi untuk investasi lebih lanjut terutama di bagian RAN dengan meningkatkan kekuatan sinyal, mengoptimalkan dan meningkatkan kapasitas eNodeB juga strategi baru untuk mendeteksi potensi titik lemah sinyal sebagai perluasan cakupan baru untuk mesin pendapatan.