2022 SK PP Muhammad Raihan Ramadhan [19219034] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Wiwik Istiyarini
Salah satu tantangan terbesar bagi Indonesia untuk mengembangkan industri alat kesehatan adalah dari
segi administrasi perizinan dan regulasi, perusahaan alat teknologi kesehatan di Indonesia
membutuhkan waktu 24 hingga 36 bulan untuk mengurusnya. Proses yang lama dan memakan waktu
ini dapat menyebabkan keterlambatan pengembangan dan peluncuran produk, hal ini akan
menyebabkan penurunan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek. Oleh karena itu,
penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
terhadap merek melalui komunitas merek dan memberikan rekomendasi untuk rencana pengembangan
perusahaan yang menjadi objek penelitian ini. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dan
survei online sebagai instrumennya. Penelitian ini menggunakan 254 responden yang merupakan
anggota komunitas diabetes Indonesia di Facebook sebagai partisipannya. Penelitian ini
mengungkapkan bahwa Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonis memiliki hubungan positif yang signifikan
terhadap Merek Trust dan Brand Trust memiliki hubungan positif signifikan terhadap Customer
Loyalty. Brand Trust juga memediasi sebagian hubungan antara Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonis
terhadap Loyalitas Pelanggan. Temuan penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan
objek penelitian ini untuk membuat rencana pengembangan komunitas merek mereka berdasarkan
faktor-faktor yang diidentifikasi yang secara signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan anggota
komunitas merek.
Kata kunci: komunitas merek, loyalitas pelanggan, kepercayaan merek, PLS-SEM
Perpustakaan Digital ITB