digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu tantangan terbesar bagi Indonesia untuk mengembangkan industri alat kesehatan adalah dari segi administrasi perizinan dan regulasi, perusahaan alat teknologi kesehatan di Indonesia membutuhkan waktu 24 hingga 36 bulan untuk mengurusnya. Proses yang lama dan memakan waktu ini dapat menyebabkan keterlambatan pengembangan dan peluncuran produk, hal ini akan menyebabkan penurunan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap merek melalui komunitas merek dan memberikan rekomendasi untuk rencana pengembangan perusahaan yang menjadi objek penelitian ini. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dan survei online sebagai instrumennya. Penelitian ini menggunakan 254 responden yang merupakan anggota komunitas diabetes Indonesia di Facebook sebagai partisipannya. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonis memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap Merek Trust dan Brand Trust memiliki hubungan positif signifikan terhadap Customer Loyalty. Brand Trust juga memediasi sebagian hubungan antara Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonis terhadap Loyalitas Pelanggan. Temuan penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan objek penelitian ini untuk membuat rencana pengembangan komunitas merek mereka berdasarkan faktor-faktor yang diidentifikasi yang secara signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan anggota komunitas merek. Kata kunci: komunitas merek, loyalitas pelanggan, kepercayaan merek, PLS-SEM