digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan bisnis sepakbola di era pandemi COVID-19 memiliki perubahan dengan kategori sumber pemasukan dari produk merchandise. Hal ini terjadi berkat adanya pola perilaku konsumen yang menyesuaikan adaptasi terhadap aktivitas selama COVID-19 berlangsung terutama dalam pembelian produk. Namun demikian, kecenderungan konsumen dalam membeli produk ketika pandemi COVID-19 dilihat melalui mereka memanfaatkan online platform untuk berbelanja. Pada fokus penelitian ini, peneliti mencoba mengaitkan kasus domestik klub sepakbola Indonesia yaitu Persib Bandung sebagai hal yang akan dikaji terkait dampak situasi COVID-19 baik dari merchandise sepakbola hingga potensial dalam berbelanja online mengikuti konteks perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode campuran, kualitatif untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi perilaku konsumen selama COVID-19 ke arah berbelanja online dalam konteks keputusan pembelian produk merchandise. Wawancara semi-struktur dilaksanakan kepada 7 partisipan yang pernah berbelanja produk merchandise di Persib Bandung selama pandemi COVID-19 melalui online. Hasil wawancara menunjukan terdapat 4 faktor tambahan dari perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian yang didapatkan yaitu atribut berbelanja online, atribut produk, harga dan promosi.. Dalam pendekatan kuantitatif, responden yang didapatkan sejumlah 201 responden dari pengalaman dalam membeli produk merchandise Persib Bandung melalui platform online selama pandemi COVID-19. Peneliti menganalisis data menggunakan PLS-SEM dalam menguji hubungan pengaruh antara variabel. Temuan pendekatan kuantitatif ini menunjukkan bahwa dari ketiga faktor dari tujuh faktor yang diuji yaitu sosial, pribadi, atribut berbelanja online memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan penelitian ini akan direkomendasikan kepada pihak Persib Bandung dalam pengambilan keputusan produk merchandise yang dijual dengan memperhatikan konteks faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian selama pandemi COVID-19. Kata Kunci: bisnis sepakbola, produk merchandise, perilaku konsumen, keputusan pembelian, pandemi COVID-19 dan berbelanja online.