Perkembangan bisnis sepakbola di era pandemi COVID-19 memiliki perubahan dengan
kategori sumber pemasukan dari produk merchandise. Hal ini terjadi berkat adanya pola
perilaku konsumen yang menyesuaikan adaptasi terhadap aktivitas selama COVID-19
berlangsung terutama dalam pembelian produk. Namun demikian, kecenderungan
konsumen dalam membeli produk ketika pandemi COVID-19 dilihat melalui mereka
memanfaatkan online platform untuk berbelanja. Pada fokus penelitian ini, peneliti
mencoba mengaitkan kasus domestik klub sepakbola Indonesia yaitu Persib Bandung
sebagai hal yang akan dikaji terkait dampak situasi COVID-19 baik dari merchandise
sepakbola hingga potensial dalam berbelanja online mengikuti konteks perilaku
konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode campuran,
kualitatif untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi perilaku konsumen selama
COVID-19 ke arah berbelanja online dalam konteks keputusan pembelian produk
merchandise. Wawancara semi-struktur dilaksanakan kepada 7 partisipan yang pernah
berbelanja produk merchandise di Persib Bandung selama pandemi COVID-19 melalui
online. Hasil wawancara menunjukan terdapat 4 faktor tambahan dari perilaku konsumen
terhadap keputusan pembelian yang didapatkan yaitu atribut berbelanja online, atribut
produk, harga dan promosi.. Dalam pendekatan kuantitatif, responden yang didapatkan
sejumlah 201 responden dari pengalaman dalam membeli produk merchandise Persib
Bandung melalui platform online selama pandemi COVID-19. Peneliti menganalisis data
menggunakan PLS-SEM dalam menguji hubungan pengaruh antara variabel. Temuan
pendekatan kuantitatif ini menunjukkan bahwa dari ketiga faktor dari tujuh faktor yang
diuji yaitu sosial, pribadi, atribut berbelanja online memberikan pengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Temuan penelitian ini akan direkomendasikan kepada
pihak Persib Bandung dalam pengambilan keputusan produk merchandise yang dijual
dengan memperhatikan konteks faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian
selama pandemi COVID-19.
Kata Kunci: bisnis sepakbola, produk merchandise, perilaku konsumen, keputusan
pembelian, pandemi COVID-19 dan berbelanja online.