2022 SK PP Efan Muhammad Rassya [19019062] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Dalam beberapa tahun terakhir, live e-commerce telah berkembang secara signifikan, tetapi penelitian tentang motivasi psikologis pelanggan untuk mengadopsi teknologi baru ini masih terbatas. Untuk mengisi celah penelitian, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adopsi live e-commerce shopping di Indonesia dengan menggunakan model extended UTAUT2. Partial Least Square (PLS) Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis data valid dari 302 responden. Kuesioner dikumpulkan dari enam kota di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung dengan menggunakan kuesioner online. Model Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) diterapkan dengan sembilan variabel independen yaitu performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), social influence (SI), facilitating conditions (FC), hedonic motivation (HM), price value (PV), habit (HA), dan trust (TR). Variabel-variabel ini akan diuji terhadap behavioral intention (BI) dan use behavior (UB). Performance expectancy (PE), habit (HA), dan trust (TR) merupakan faktor signifikan dari behavioral intention (BI). Sementara, facilitating conditions (FC), habit (HA), dan trust (TR) berkorelasi secara signifikan terhadap use behavior (UB). Penelitian ini ditujukan bagi toko retail di live e-commerce dan pengelola operasi platform agar dapat memutuskan strategi dan kegiatan promosi untuk mendorong konsumen berbelanja di live e-commerce dan memberikan metode analisis untuk e-commerce guna meningkatkan beberapa aspek dalam untuk menarik dan mempertahankan penggunanya di Indonesia.
Perpustakaan Digital ITB