Jasa perencana keuangan selama ini dianggap sebagai jasa yang mahal dan mewah dan hanya
dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki aset lebih. Padahal, jasa perencana keuangan
lebih dibutuhkan oleh masyarakat kelas menengah yang sedang mengalami masalah
keuangan. Namun, tidak banyak perusahaan perencana keuangan yang menangani masalah
ini secara khusus.
FinansialKita adalah platform online perencanaan keuangan yang akan menyediakan jasa
perencanaan keuangan terutama untuk keluarga muda kelas menengah. Sebagai usaha baru
di bidang perencanaan keuangan, FinansialKita belum memiliki model bisnis dan strategi
bisnis yang tepat untuk memasuki pasar. Penelitian ini dibuat untuk menemukan model bisnis
dan strategi bisnis yang cocok untuk FinansialKita, khususnya untuk target pasar keluarga
muda kelas menengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan mewawancarai
koresponden mengenai perilaku dan preferensi keuangan mereka. Data tersebut kemudian
dianalisis dengan menggunakan model Diaomond Strategy untuk menghasilkan model bisnis
FinansialKita serta strategi bisnisnya.
Penelitian ini menunjukkan bahwa model bisnis FinancialKita harus fokus pada memberikan
layanan pendidikan kepada pelanggan daripada menawarkan konsultasi perencanaan
keuangan. Strategi bisnis yang diusulkan akan difokuskan pada membangun citra, merek,
dan reputasi untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.