digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022_TS_PP_Abdul Hafiz_1-Abstrak.pdf?
PUBLIC Yose Ali Rahman

Jasa perencana keuangan selama ini dianggap sebagai jasa yang mahal dan mewah dan hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki aset lebih. Padahal, jasa perencana keuangan lebih dibutuhkan oleh masyarakat kelas menengah yang sedang mengalami masalah keuangan. Namun, tidak banyak perusahaan perencana keuangan yang menangani masalah ini secara khusus. FinansialKita adalah platform online perencanaan keuangan yang akan menyediakan jasa perencanaan keuangan terutama untuk keluarga muda kelas menengah. Sebagai usaha baru di bidang perencanaan keuangan, FinansialKita belum memiliki model bisnis dan strategi bisnis yang tepat untuk memasuki pasar. Penelitian ini dibuat untuk menemukan model bisnis dan strategi bisnis yang cocok untuk FinansialKita, khususnya untuk target pasar keluarga muda kelas menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan mewawancarai koresponden mengenai perilaku dan preferensi keuangan mereka. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan model Diaomond Strategy untuk menghasilkan model bisnis FinansialKita serta strategi bisnisnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa model bisnis FinancialKita harus fokus pada memberikan layanan pendidikan kepada pelanggan daripada menawarkan konsultasi perencanaan keuangan. Strategi bisnis yang diusulkan akan difokuskan pada membangun citra, merek, dan reputasi untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.