digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Yayasan Swadaya Muslim Sukabumi, Pondok Pesantren Al-Hidayah, merupakan salah satu pondok pesantren yang menjalankan ekonomi pesantren yang modern dan mandiri. Mereka memiliki produk berupa peternakan dan budidaya ikan air tawar dengan sistem keramba. Produk yang mereka hasilkan adalah produk olahan ikan air tawar yang bernama Alhid Ikan Segar, yang mereka operasikan di pondok pesantren mereka dan telah bekerjasama dengan Kelompok Tani Air (POKTAN) untuk benih mereka dan tiga unit Karang Taruna untuk membantu produksi dan pemasaran. Namun, dibalik potensi yang besar dari umkm Alhid, terdapat permasalahan pemasaran yang cukup besar. Alhid bermasalah dengan adaptasi pemasaran pada zaman serba digital pada saat ini. Alhid masih menggunakan strategi pemasaran tradisional dimana tidak banyak menggunakan teknologi dan digitalisasi pada saat proses jual beli Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengajukan strategi komunikasi pemasaran secara terintegrasi dan digitalisasi agar dapat mengembangkan umkm dan bisnis dari Alhid serta meningkatkan kesadaran brand terhadap Alhid agar dapat mencapai pasar lebih luas.