digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TS PP RAKHMAT HIDAYAT 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2007 TS PP RAKHMAT HIDAYAT 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RAKHMAT HIDAYAT 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RAKHMAT HIDAYAT 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RAKHMAT HIDAYAT 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RAKHMAT HIDAYAT 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

ABSTRAK: PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. merupakan salah satu bank pemerintah terbesar di Indonesia dengan kegiatan usaha yang difokuskan pada penyaluran kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ketatnya persaingan dengan bankā€bank lain baik sesama bank pemerintah dan bank swasta membuat BNI membutuhkan strategi operasi yang tepat dalam kegiatan pemasaran kreditnya. Kesesuaian antara aspek kebutuhan pasar dan ketersediaan sumber daya merupakan salah satu faktor keberhasilan untuk mencapai tujuan tersebut. Masalah yang dihadapi BNI saat ini adalah kecilnya pangsa pasar yang dapat dikuasai. Data sampai dengan Juni 2007 menunjukkan bahwa BNI hanya dapat menyalurkan kredit sebesar Rp. 78.447 Miliar dengan persentase hanya 9,11persen, dibandingkan dengan jumlah kredit perbankan di Indonesia yang telah mencapai Rp. 861.498 Miliar. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya bank di Indonesia yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan. Pemasaran yang tidak didukung oleh strategi operasi yang tepat menyebabkan kurang tertariknya calon konsumen untuk menjadi debitur BNI. Untuk itu diperlukan suatu strategi operasi yang tepat untuk menunjang proses pemasaran produk kredit yang dimiliki BNI. Penyederhanaan prosedur dan persyaratan yang harus dijalani calon debitur merupakan salah satu langkah yang dapat diterapkan. Selain itu, pengembangan jaringan dan sumber daya operasional yang dimiliki akan sangat membantu pencapaian tujuan tersebut.