digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tantangan umum yang banyak dihadapi pelajar saat melakukan pembelajaran secara daring adalah sulitnya menjaga motivasi untuk belajar hal yang ingin dipelajari. Pernyataan masalah ini diperkuat dengan tingginya pelajar yang berhenti belajar dalam suatu kelas pembelajaran daring dan rendahnya pelajar yang menyelesaikan kelas pembelajaran daring tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menerapkan fitur gamifikasi untuk meningkatkan motivasi dan engagement siswa. Situs Kodebareng adalah situs pembelajaran pemrograman daring yang dibuat untuk memudahkan siapapun belajar pemrograman secara gratis. Sayangnya, Kodebareng merupakan situs pembelajaran yang masih minim gamifikasi. Oleh karena itu, akan diterapkan fitur gamifikasi dalam pembelajaran Kodebareng. Fitur gamifikasi yang akan diimplementasikan adalah challenge, feedback, achievement, dan progress. Keempat fitur tersebut memenuhi batasan waktu yang diberikan dan dapat meningkatkan motivasi dan engagement pelajar. Kesulitan yang dialami saat implementasi fitur-fitur tersebut adalah perubahan yang terjadi pada sistem backend dari situs. Dari pengujian yang dilakukan, didapatkan bahwa engagement antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan fitur gamifikasi justru menunjukkan siswa yang belajar tanpa fitur gamifikasi memiliki engagement yang lebih tinggi. Ini bisa disebabkan karena sedikitnya orang yang melakukan pengujian. Namun, kebanyakan orang yang menguji fitur gamifikas memberikan respons positif, seperti progress bar membantu memberikan motivasi, dan merasa weekly challenge dapat memberikan nilai jual yang lebih dibanding platform pembelajaran lain.