digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Arif Rahmanto
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Arif Rahmanto
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Arif Rahmanto
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Arif Rahmanto
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Arif Rahmanto
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Arif Rahmanto
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Semenjak wabah virus Covid-19 yang melanda secara global, menyebabkan dampak yang kurang baik terhadap pelaku bisnis salah satunya yang berada pada industri kopi khususnya coffee shop. Pada thesis ini, peneliti mengambil contoh salah satu coffee shop yang berada pada kawasan Cipete. Dua Coffee adalah salah satu dari banyaknya coffee shop di kawasan Cipete yang menawarkan suasana yang homey dan nyaman. Penjualan di Dua Coffee dari tahun 2018-2019 dikatakan cukup baik, namun pada tahun 2020 terjadi penurunan drastis dibandingkan biasanya. Dampak penurunan penjualan berdampak pada wabah virus Covid-19 yang melanda secara global, terbukti dari selisih jumlah penjualan dari 2018-2019 hingga 2020. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui akar penyebab dari penurunan penjualan Dua Coffee tersebut dan solusi strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara dan studi pustaka. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari internal Dua Coffee team, ekspert dari industri kopi, dan pelanggan Coffee Shop. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis internal dan eksternal dengan tools analysis; fishbone diagram, interrelationship diagram, porter’s five forces, marketing mix, SWOT, dan matriks TOWS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan akar penyebab masalah penurunan penjualan Dua Coffee adalah pergeseran preferensi pelanggan dari transaksi offline ke online yang didapatkan melalui analisa root cause analysis melalui pendekatan fishbone diagram dan interrelationship diagram sehingga ditemukan penyebab utama permasalahan yang dihadapi Dua Coffee yaitu beralihnya preferensi pelanggan dari transaksi offline ke online. Penetapan strategi yang akan dipilih sebagai rekomendasi untuk Dua Coffee dilakukan dengan melakukan analisis internal dan eksternal yang menghasilkan SWOT. Sehingga didapatkan beberapa pilihan strategis berupa matriks TOWS. Beberapa strategi kemudian dipilih yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Dua Coffee dengan memilih strategi berdasarkan penyebab utama permasalahan yang dihadapi. Pembuatan Coffee Shop Hub dengan skema coffee-to-go menjadi pilihan strategi utama yang harus diambil untuk menghadapi permasalahan Dua Coffee saat ini.