PT X merupakan induk perusahaan dari beberapa perusahaan yang bergerak di
bidang perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit. Untuk mengelola lahan
perkebunan dan pabrik kepala sawit pada anak-anak perusahaanya, PT X mencoba
untuk mengembangkan software Y yang berguna untuk meningkatkan akurasi data
dari seluruh proses produksi sehingga kemungkinan terjadinya kerugian menjadi
lebih kecil. Pada Desember 2019-Desember 2020, PT X menerima 68 keluhan
terhadap software Y. Keluhan tersebut berkaitan dengan kesalahan data yang
dihasilkan, lambatnya software dalam memproses data, dan ketidaksesuaian fungsi
software Y pada beberapa modul. Sedangkan, PT X memiliki target untuk hanya
menerima 12 keluhan saja setiap tahunnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa
kualitas software Y masih cukup jauh dari target perusahaan. Penelitian ini
mengusulkan metode pengembangan kualitas berdasarkan six sigma untuk
menyelesaikan permasalahan kualitas software Y.
Pada penelitian ini, kerangka six sigma DMADV digunakan untuk menganalisis
akar penyebab yang memiliki pengaruh besar terhadap keluhan user terhadap
software Y. Berdasarkan hasil elaborasi bersama dengan stakerholder PT X, akan
dirancang usulan perbaikan yang dapat mengurangi keluhan user. Usulan perbaikan
yang akan dirancang adalah perancangan program pelatihan junior programmer
dan perancangan technical document. Program pelatihan yang akan dirancangan
dengan mengadaptasi framework pelatihan Windows dan pengembangan
kurikulum SKKNI 615-2012 mengenai programmer komputer. Sedangkan,
technical document akan dirancang berdasarkan IEEE standard 1063-2001 for
software user documentation. Hasil rancangan usulan perbaikan diharapkan dapat
meningkatkan efektivitas proses penulisan kode pada script software Y dan
meminimasi aktivitas perbaikan software Y secara teknis.