digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Annisa Sekar Arum
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Brand Ambassador merupakan seorang atau sekelompok figur publik yang mewakili dan mempromosikan suatu suatu merek dengan mendukungnya dalam bentuk aktivitas yang sesuai dengan identitas merek. Brand ambassador bertujuan untuk membuat masyarakat semakin mengenali sebuah merek (brand awareness) yang berimplikasi kepada keputusan pembelian konsumen. Tugas akhir ini meninjau bagaimana brand ambassador selebriti Korea Selatan dapat berpengaruh kepada kesadaran merek brand awareness e-commerce di Indonesia. Adaptasi dari model SIR digunakan untuk memodelkan fenomena. Simulasi numerik dilakukan dengan menggunakan metode Runge-Kutta orde 4. Data riil digunakan untuk mengestimasi nilai parameter yang digunakan. Shopee, Tokopedia dan Lazada merupakan tiga e-commerce Indonesia yang ditinjau pada penelitian. Hasil simulasi dari model menunjukkan bahwa Tokopedia mendapat pengaruh positif dari brand ambassador paling signifikan dalam peningkatan brand awareness.