digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Dayaningtias Cakraputri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Dengan evolusi begitu cepatnya lanskap e-commerce, bisnis dihadapkan pada tugas penting untuk merangkul praktik-praktik yang dapat dilakukan untuk keberlangsungan Perusahaan. Penelitian ini menggali peran penting yang dimainkan oleh kerangka Stimulus-Organism-Response (SOR) dalam memfasilitasi proses pengambilan keputusan strategis di dalam ranah e-commerce untuk keberlanjutan. Model SOR mengkaji hubungan antara e-commerce livestreaming, keterlibatan pelanggan, penciptaan nilai, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi evolusi dari e-commerce livestreaming hingga loyalitas pelanggan dengan mempelajari bagaimana faktorfaktor ini dipahami dan dipahami oleh para pengambil keputusan di perusahaanperusahaan e-commerce. Data yang dikumpulkan dari kuesioner online melalui survei yang melibatkan 1282 responden dan 11 partisipan untuk data pendukung kualitatif. Studi ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel untuk analisis empiris dan IBM SPSS Statistic 8.8 untuk analisis data. Temuan menunjukkan bahwa daya tarik estetika, tata letak fungsional, keamanan finansial, dan komunikasi verbal secara langsung memengaruhi keterlibatan pelanggan, sementara komunikasi nonverbal dan keterampilan pelayanan tidak memiliki dampak signifikan. Dalam hal penciptaan nilai, keterlibatan pelanggan secara langsung memengaruhi nilai fungsional, hedonik, dan sosial, yang semuanya secara langsung memengaruhi loyalitas pelanggan. Keterlibatan pelanggan dan penciptaan nilai berfungsi sebagai faktor mediasi antara e-commerce livestreaming dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menyoroti efek e-commerce livestreaming, memberikan perspektif baru dalam menerapkan teori SOR pada ecommerce, dan menggambarkan bagaimana livestreaming meningkatkan daya tarik visual dan pengalaman personalisasi bagi pelanggan sambil meningkatkan keterampilan komunikasi staf operasional dan pelayanan. Dengan membahas pentingnya kerangka SOR dalam pengambilan keputusan strategis, penelitian ini membentuk dasar teoritis bagi praktisi dan pembuat kebijakan yang tertarik dalam mempromosikan keberlanjutan dalam sektor e-commerce yang memfasilitasi pembuatan strategi yang lebih berinformasi, dapat disesuaikan, dan berkelanjutan sesuai dengan dinamika yang berubah dalam industri e-commerce.