digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Quinta Fatikha Aristantri
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Teknologi di Indonesia kerap berkembang dari tahun ke tahun, pandemi COVID-19 yang melanda dunia juga kerap mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia. Segala sesuatu hal dapat dilakukan di rumah, salah satunya adalah berbelanja. Tokopedia merupakan salah satu penggiat e-commerce di Indonesia. Dalam memilih tempat melakukan transaksi jual beli secara daring, diperlukan pertimbangan yang baik berdasarkan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor-faktor tersebut diantaranya ialah kepercayaan, keamanan, kelengkapan, dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model matematika dari pengaruh kepercayaan, keamanan, kelengkapan, dan pemasaran terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Permodelan dibangun untuk memperoleh faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian di Tokopedia dengan menggunakan Regresi Linear Berganda. Permisalan yang dilakukan pada penelitian ini adalah variabel bebas terdiri dari Kepercayaan (????!), Keamanan (????"), Kelengkapan (????#), dan Pemasaran (????$) dengan variabel terikat Keputusan Pembelian (????). Tugas akhir ini dimulai dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan pertanyaan metode Skala Likert 5-poin. Kemudian diolah statistika deskriptif dari hasil kuesioner penelitiannya. Dari matriks korelasi, terlihat bahwa variabel bebas yang memiliki hubungan linear paling besar dengan variabel terikat adalah kepercayaan (????!) dan pemasaran (????$). Uji validitas dan uji reliabilitas menghasilkan bahwa pertanyaan valid dan seluruh variabel reliabel. Regresi linear berganda dilakukan untuk 11 (sebelas) kombinasi variabel, yaitu model dengan koombinasi 4 (empat) variabel bebas dengan 1 (satu) variabel terikat, model dengan kombinasi 3 (tiga) variabel bebas dengan 1 (satu) variabel terikat, dan model dengan kombinasi 2 (dua) variabel bebas dengan 1 (satu) variabel terikat. Dalam analisis regresi linear berganda, dilakukan uji hipotesis parsial, untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel dalam model secara parsial, dan uji hipotesis simultan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel dalam model secara simultan. Didapatkan hasil analisis regresi linear berganda terkait pengaruh variabel dalam model secara parsial, pengaruh variabel dalam model secara simultan, dan pengaruh variabel dalam model melalui nilai Adjusted R Square. Dengan membandingkan seluruh kombinasi variabel, dipilih model regresi linear berganda yang memiliki pengaruh variabel dalam model. Dari seluruh variabel, model yang berpengaruh secara parsial terpilih model regresi dengan variabel kepercayaan (????!) dan pemasaran (????$). Terhadap model tersebut kemudian akan dilakukan uji asumsi klasik regresi yang berisi uji multikolinearitas, uji normalitas residu, dan uji heteroskedastisitas. Ciri-ciri model regresi linear yang baik adalah yang tidak terjadi multikolinearitas, memiliki residu berdistribusi normal, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik regresi menunjukkan bahwa model regresi dengan variabel kepercayaan (????!) dan pemasaran (????$) tidak terjadi multikolinearitas, memiliki residu berdistribusi normal, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa model matematika dari pengaruh kepercayaan, kemanan, kelengkapan, dan pemasaran terhadap keputusan pembelian di Tokopedia adalah ???? = 0.207 + 0.353????! + 0.320????$ dan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah kepercayaan dan pemasaran dengan pengaruh sebesar 43% (empat puluh tiga persen).